New Resolution, New Spirit

Oleh: Wirya Samatha Priatna
Dimulai dengan Pembahasan,

Sesuatu yang baru dimulai di tahun 2016, harapan yang ingin didapat  oleh semua manusia di Tahun yang baru ini dapat berupa material yakni kesuksesan dan kekayaan. Semua manusia berlomba-lomba ingin mendapatkan kedua hal yang diatas agar hidup mereka dapat berlangsung secara damai dan saling berdampingan.

Berikut beberapa tips ataupun cara untuk mencapai kesuksesan :

  • Pancabala Yaitu 5 kekuatan dalam Agama Buddha untuk mencapai keinginan dan tujuan masing-masing individu.

Berikut kelima Pancabala :

  • Kekuatan Keyakinan (Sadha Bala) : Dituntut untuk percaya kepada Triratana dan jalan mulia berunsur 8, yakin dan percaya kepada Buddha, Dhamma, Sangha, Beliau merupakan panutan kita dalam menjalani kehidupan. Keyakinan pada Dhamma yakni percaya bahwa Dhamma selalu mengajarkan hal-hal yang benar serta bermanfaat. Keyakinan pada Sangha yakni murid-murid sang Buddha dituntut untuk menjalankan nilai-nilai ataupun sila dalam Agama Buddha.
  • Kekuatan Semangat (Viriya Bala) : Mempunyai semangat dan tekad dalam kehidupannya, semangat harus diutamakan dan diperjuangkan dalam mencapai keinginan sehingga harus seimbang antara doa dan tindakan yang kita lakukan.
  • Kekuatan Kesadaran (Sati Bala) : Sadar akan tindakan yang kita perbuat dan kita lakukan, sadar bahwa tindakan yang kita lakukan bersifat positif atau negatif.
  • Kekuatan Konsentrasi (Samadhi Bala) : Memusatkan pikiran pada ketenangan yakni dengan melakukan meditasi sehinggaa kita mendapatkan kedamaian dan dapat mengontrol kekuatan pikiran kita.
  • Kekuatan Kebijaksanaan (Panna Bala) : Bijak dalam mengambil keputusan yang harus diambil, harus sesuai dengan keinginan serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

 

Berikut Definisi Sukses secara Umum,

Yakni sudah dapat mencukupi semua kebutuhan yang diperlukan serta dapat berhasil dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Sebagai contoh : Mark Zuckerburg, Ia adalah seorang pendiri Facebook yang sudah mendapat penghasilan sebesar $ 1,5 M.

 

Berikutnya Sukses menurut Buddhis,

Yakni berhasil mencapai suatu tujuan diawali dengan niat baik, prosesnya harus baik, dan diakhiri juga dengan baik sesuai dengan pilar-pilar dalam agama buddha.

 

3 hal penting untuk Sukses :

  • Vision : Mempunyai visi untuk mewujudkannya, harus jelas,
  • Action : Harus ada tindakan yang dilakukan, mustahil dan tidak masuk akal dengan adanya visi tanpa aksi. Seperti istilah : “Perjalanan seribu mil diawali oleh satu langkah kecil.”
  • Passion : Harus memiliki tekad, dengan memiliki tekad yang kuat harus mampu mewujudkan semua keinginan.

 

Jika sudah sukses harus ingat dengan Dana Paramita, karena dalam Agama Buddha “memberi dalam Dhamma berati menambah.”

Menurut Anguttara Nikaya Vol. III, 48, beberapa cara berdana harus dengan :

  • Keyakinan
  • Hormat
  • Tepat pada waktunya
  • Hati Ikhlas
  • Tidak merugikan siapa pun

Jika berdana dengan cara-cara yang diatas pasti akan mendapatkan kekayaan, kebahagiaan dan kesuksesan dengan mudah.

 

QUOTES : Ibarat Buku

Lembaran kehidupan kita seperti kertas putih, sekotor apapun coretan kita dimasa lalu, selalu ada masa depan yang masih bersih untuk kita isi dengan coretan kisah baru.

 

Pertanyaan :

 

  1. Mengapa resolusi kita sering tidak terwujud dan apabila kita mempunyai keinginan, semangat kita hanya ada diawal saja setelah itu semangat kita dengan sendirinya akan hilang, coba berikan saran !

Answer : -Kita harus mempunyai semangat dan tekad yang kuat dan  apabila kita mempunyai banyak rintangan kita harus mampu menghadapi dan melawannya.

– Faktor lingkungan seperti orang tua dan teman yang mampu mendukung dan mempengaruhi kita untuk mencapai keinginan tersebut.

 

  1. Ditahun baru mempunyai tujuan, diakhir tahun tujuannya gagal, Bagaimana cara menerapkannya, apakah diterapkan ditahun berikutnya?

Answer : Ya, kita terapkan di Tahun berikutnya karena setiap tujuan harus tercapai walaupun kita tahu bahwa cara menerapkannya cukup sulit, kita tidak boleh patah semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi sebuah cobaan.

Cara mengatasi kegagalan yakni  kita harus mempunyai prinsip dan tekad yang kuat bahwa tujuan kita mutlak harus dicapai.

Peringkas : Desi Anggraini