Healthy Food

Ditulis oleh: Tania Angelica

Halo sahabat se-Dhamma! Kalian pasti sudah tahu ’kan apa itu gaya hidup sehat? Gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen berjangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal dengan tujuan mendukung fungsi tubuh demi kesehatan tubuh kita. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat diantaranya seperti makan-makanan yang bernutrisi, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas lebih lanjut mengenai asupan makanan sehat, yakni healthy food. Apakah sahabat-sahabat seDhamma tahu apa, sih, healthy food itu? Healthy food dapat diartikan sebagai makanan yang memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mendukung kesehatan tubuh, dan juga mendapatkan energi yang dibutuhkan. Contoh healthy food adalah air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral, sebagai sesuatu yang paling dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengapa demikian? Karena mineral adalah nutrisi utama yang membentuk pola makan yang sehat dan seimbang.

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, kita perlu mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti salad karena dalam salad tersebut terdapat banyak manfaat, diantaranya:

  1. Pencernaan lebih lancar
    Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan serat, yang dapat membantu melancarkan fungsi saluran pencernaan kita.
  2. Menyehatkan jantung
    Pola makan tinggi sayur dan buah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Risiko mengalami penyakit tersebut dapat lebih minimal apabila Anda juga menghindari asupan berlemak dan berkolesterol tinggi, seperti gorengan.
  3. Menurunkan berat badan
    Karena salad sendiri mengandung sayuran dan buah-buahan yang mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh kita, tanpa menyimpan banyak lemak atau kolesterol jahat. Semangkuk salad akan membantu menurunkan berat badan tanpa membuat kehilangan kesehatan.
  4. Memperkuat tulang
    Dengan banyak memakan sayur-sayuran ataupun buah-buahan kita juga dapat terhindar dari resiko osteoporosis. Beberapa komponen salad, khususnya buah-buahan, mengandung vitamin dan mineral tinggi. Apabila kita mengkonsumsinya secara rutin dan dalam jumlah tepat, tulang kita akan tetap kuat.
  5. Menurunkan risiko penyakit kronis
    Salad yang terdiri dari ragam sayur dan buah-buahan dapat menyehatkan tubuh kita secara keseluruhan dan dapat menjaga fungsi tubuh tetap optimal. Jika kita terus menerus mengkonsumsi makan-makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan maka hal yang kita dapatkan adalah hal-hal positif seperti dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti obestitas, stroke dll.

 

Referensi:

Tania Angelica