NUSANTARA: TIPS DALAM MEMOTRET TARIAN DAERAH

Hi Klifoners!πŸ–€πŸ’›

Tahukah Kalian bahwa dalam memotret tarian itu termasuk hal yang tidak mudah? Hal ini dikarenakan kita harus memperhatikan setiap gerakan mereka ketika menari dan mengambil gambar dengan fokus. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa tips dari Putri Anindya sebagai fotografer profesional, yang dapat digunakan ketika ingin memotret tarian daerah. Yuk simak secara seksama!

Jangan memasukkan objek yang tidak perlu ke dalam frame

Ketika ingin memotret tarian, sebelum kita menekan tombol shutter, perlu untuk memastikan bahwa frame kita bersih dari objek-objek yang tidak perlu. Dalam hal ini, objek yang tidak perlu merupakan objek di luar dari objek utama yang ingin kita ambil (misalnya seorang penari), yang dapat menganggu keseluruhan foto.

Jika ingin menghindari objek liar pada background, Putri Anindya juga menyarankan untuk mengambil gambar dari bawah dengan format wide angle, dan tetap memperhatikan pencahayaan agar tidak fokus ke langit yang menyebabkan objek utama menjadi siluet.

Abadikan kesan gerak penari dengan slow speed

Pada poin selanjutnya, Putri Anindya memberi saran mengambil gambar dengan mode manual dan slow speed agar menghasilkan motion geraknya. Yang mana, pada kamera DSLR ataupun ponsel, biasanya terdapat dua pilihan mode dalam mengambil gambar, yaitu manual dan otomatis.

Jadi, jika kita menggunakan mode manual dengan speed yang rendah pada pengaturan kameranya, maka kita akan mendapatkan gerak lambat dari penari dalam gambar tersebut. Dalam hal ini kita juga perlu memperhatikan speed yang digunakan, jangan sampai terlalu rendah karena bisa saja akan menghasilkan semua objek menjadi blur.

Tentukan tujuan pemotretan

Ketika ingin memotret sebuah tarian, penting untuk kita menentukan tujuan. Jika ingin memotret sesuatu yang lebih serius seperti tarian daerah untuk lomba atau kepentingan lainnya, dibutuhkan kamera yang memang memiliki kemampuan dalam autofocus yang cepat. Namun, jika hanya untuk dokumentasi, maka memotret menggunakan ponsel pun bisa. Hal ini dikarenakan penari tarian daerah mempunyai gerakan yang cepat, yang mana jika autofocus kamera kita lambat, maka hasil fotonya akan blur semua.

Jadi, jika memang ingin memotret menggunakan ponsel, pastikan autofocus yang dimiliki dalam pengaturan ponsel tersebut cepat. Namun, jika untuk keperluan yang memang penting seperti iklan dan lainnya, disarankan untuk menggunakan kamera DSLR.

 

Wah.. keren banget! semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat & jangan lupa untuk diterapkan ya!!🀩

 

Reference:

Vanny El Rahman. 2018. β€˜Tips Memotret Tarian Daerah, Biar Hasilnya Kayak Fotografer Pro!’. IDN Times. https://www.idntimes.com/travel/tips/vanny-rahman/memotret-tarian-daerah-fotografer-profesional-1?page=all