KLIFOPEDIA: ABOUT LIGHTING PATTERNS

Hi Klifoners!🖤💛

Tahukah Kalian Apa itu Pola Pencahayaan?

Yap! Pola Pencahayaan atau Lighting Pattern merupakan cahaya dan bayangan yang menciptakan bentuk yang berbeda pada wajah.

Apa aja sih macam-macam pola pencahayaan itu? Nah, mari kita lihat secara seksama!

Split Lighting

Yang pertama terdapat Pencahayaan Terpisah atau Split Lighting, yaitu membagi wajah menjadi dua bagian yang sama. Untuk mencapai pencahayaan terpisah, cukup letakkan sumber cahaya 90 derajat ke kiri atau kanan subjek (Kalian bahkan dapat memindahkannya sedikit ke belakang kepala mereka).

Loop Lighting

Pencahayaan Lingkaran atau Loop Lighting memposisikan bayangan kecil dari hidung subjek di pipi mereka. Dalam pencahayaan lingkaran, bayangan hidung dan bayangan di pipi tidak bersentuhan. Untuk membuat pencahayaan lingkaran, tempatkan sumber cahaya sedikit di atas ketinggian mata, dan sekitar 30-45 derajat dari kamera.

Rembrandt Lighting

Pencahayaan Rembrandt atau Rembrandt Lighting ini diidentifikasi oleh segitiga cahaya yang jelas pada pipi subjek. Perhatikan bahwa bayangan hidung dan pipi bertemu, yang kemudian menciptakan segitiga kecil. Untuk membuat pencahayaan Rembrand, yang dapat dilakukan adalah matikan lampu ke sisi subjek, dan minta subjek kalian untuk sedikit menjauh dari cahaya.

Butterfly Lighting

Yang terakhir terdapat Pencahayaan Kupu-Kupu atau Butterfly Lighting, yang dinamai demikian karena memiliki bayangan berbentuk kupu-kupu yang dibuat di bawah hidung. Untuk membuat pencahayaan Kupu-kupu, Cukup tempatkan sumber cahaya tepat di belakang kamera dan sedikit di atas mata atau kepala subjek.

Wah menarik sekali ya wawasannya, sangat bermanfaat! Kira-kira pola pencahayaan yang mana nih yang mau kalian terapin buat foto kalian?😍✨

 

Reference:

Hildebrandt, D. (2019). ‘6 Portrait Lighting Patterns Every Photographer Should Know’, Digital Photography School. https://digital-photography-school.com/6-portrait-lighting-patterns-every-photographer-should-know/.

 

Jasmine Regina Pasha (2502011480)

Rendy Kartomo (2502008662)