INDONESIAN PHOTOGRAPHERS YOU NEED TO KNOW : NICOLINE PATRICIA

Hi Klifoners🖤💛

Tahukah Kalian Siapakah Tokoh yang ditampilkan ini?

Tokoh ini adalah Nicoline Patricia Malina atau biasa dikenal dengan nama Nicoline Patricia.ia merupaka seorang Fotografer yang berbasis di Jakarta dan telah dipercaya dengan pemotretan paling bergengsi untuk banyak merek dan organisasi terkemuka di tanah air. Malina juga mendirikan perusahaan creative artist management, yang Bernama NPM Photo.

Nicoline Patricia Malina ini lahir disurabaya pada tanggal 6 Desember 1984. Sebelum ia memulai kariernya sebagai fotografer ia ternyata banyak mencoba beberapa profesi antara lain sebagai make-up artist, model, dan lain-lain saat dirinya masih kuliah. Wanita cantik yang pernah mengambil pendidikan formal  Fine Art di Hogeschool voor de Kusten Utrecth ini merasa bahwa kreatifitasnya tidak banyak berkembang saat mencoba beberapa profesi tersebut. Kemudian dia mencoba melukis , dan apda akhirnya profesi yang paling sesuai dengan kreatifitasnya ialah seorang fotografer. Ketika ia menjadi model, ia sering sekali mengamati pekerjaan fotografer yang menurutnya proses kreatifitas fotografer itu membuat ia merasa tertarik. Nicoline lalau memutuskan untuk menjadi seorang fotografer. Nicoline belajar ilmu-ilmu fotografi tersebut secara otodidak.

Pekerjaan pertamanya sebagai fotografer ialah ia secara rutin mengirim hasil fotonya ke majalah-majalah fashion melalui email saat itu ia masih menetap di Belanda. Namun, sayangnya tidak satuoun pihak majalah yang menanggapinya. Ia pun terus pantang menyerah dalam mengirimkan karyanya. Pada akhirnya setelah 6 bulan lamanya, ia dapat pekerjaan untuk sebuah majalah fashion yang ingin menggunakan jasanya. Dari saat itu lah karier seorang Nicoline Patricia mulai perkembang.

Menurut Nicoline, menjadi fotografer adalah sebuah pekerjaan penuh kreatifitas. Dalam dunia fotografi, dia selalu belajar dan berkembang setiap harinya. Menjadi fotografer diperlukan juga kerja sama antar tim untuk menghasilkan hasil jepretan yang terbaik. Anggota tim tersebut contohnya antara lain penata gaya, penata rias, asisten, serta model. Patricia disini juga bertanggung jawab untuk memberi arahan untuk anggota timnya agar visi memiliki visi yang sama pada setiap projectnya. Terbukti Wanita cantik ini telah mendapat berbagai macam penghargaan antara lain Iconique Societas Excellence in Photography Award 2007, Young Photographer of The Year ELLE Style Awards 2009, Most Stylish Creative Senayan City Style Maker Awards 2014.

Oleh karena itu, Dengan segala hasil karya yang dia punya dan juga berbagai penghargaan yang ia peroleh., ia telah menjadi seorang fotografer professional dengan bayaran fantastis (sekali pemotretan bisa sampai 8 hingga 9 digit rupiah).

Reference :

https://www.artebia.com/figur/detail.php?id=148

https://www.genpi.co/gaya-hidup/55651/kisah-nicoline-patricia-dari-model-hingga-fotografer-papan-atas