Mengenal Komposisi Fotografi

Oleh : Allestisan Citra Derosa

Dalam fotografi, dapat dikatakan bahwa tidak ada aturan tetap dalam menciptakan sebuat foto, namun terdapat beberapa panduan untuk menciptakan sebuah foto dengan kualitas estetika yang tajam dan bermakna, yaitu mengikuti panduan komposisi dalam fotografi. Berikut adalah lima komposisi fotografi yang patut dicoba:

  1. Rule Of Third
    Rule of Third dapat dibilang sebagai komposisi yang paling dikenal oleh masyarakat umum. Namun, tidak cukup hanya untuk dikenal, aturan komposisi ini wajib dipahami oleh setiap fotografer untuk  menghasilkan posisi objek yang seimbang dalam frame foto.  Dalam aturan komposisi foto ini, fotografer menggunakan grid dalam layar kamera terdiri dari Sembilan segmen yang dibagi sama rata oleh dua garis vertical dan 2 garis horizontal. Selanjutnya objek diposisikan sepanjang garis ini atau di point-point yang akan membuatnya terlihat menarik.

    lighthouse-rule-of-thirdsFigure 1. Diambil oleh Trey Ratcliff

  1. Balancing Elements
    Meletakan objek secara off-centre mengikuti aturan Rule of Third terbukti dapat menaikan esensi menarik dari sebuah foto. Namun hal ini dapat berbahaya jika meninggalkan terlalu banyak ruang kosong yang menyebabkan gambar tidak seimbang. Maka dari itu, aturan Balancing Elements digunakan untuk menciptakan bobot yang seimbang dalam sebuah gambar.

out-road-signFigure 2. Diambil oleh Shannon Kokoska

  1. Leading Lines
    Menggunakan berbagai macam jenis garis seperti garis lurus, diagonal, zig-zag, curvy, dan sebagainya sangat membantu audience untuk membaca cerita dari sebuah gambar dengan menarik satu point dari sebuah garis ke point ujung lainnya, seperti foto perjalanan, dimana garis yang dapat berupa jalan dapat menunjukan titik awal perjalanan hingga tujuan perjalanan tersebut.

    winding-mountain-road

Figure 3. Diambil oleh Pierre Metivier

  1. Symmetry and Pattern
    Kita hidup dikelilingi oleh lingkungan yang kerap simetris dan penuh dengan pola. Untuk menciptakan kesan simetris dengan mudah didapatkan secara natural (dengan apa yang sudah ada disekililing) atau buatan dengan secara fisikal menempatkan objek-objek secara seimbang dan simetris. Sedangkan, pola sangat menarik untuk dinikmati terlebih jika ada satu objek yang menolah solitaritas dari jumlah kebanyakan pola sebuah gambar. Kedua aturan komposisi ini menghidupkan tensi focal point dalam sebuah gambar.

orange-chapelFigure 4. Diambil oleh Fabio Montalto

  1. Framming
    Terdapat banyak frame atau bingkai natural yang bisa ditemukan untuk menghiasi frame foto anda, seperti pepohonan dan lubang.  Dengan berpandangan kreatif, apapun dapat dengan indah dimanipulasikan sebagai penghias main object dari suatu gambar.

chateau-lake-louiseFigure 5. Diambil oleh Sally Crossthwaite

 

Sumber:  http://www.photographymad.com/pages/view/10-top-photography-composition-rules

Allestisan Citra Derosa