Confucian Service 29 Oktober 2023

Hari Lahir Nabi Kongzi

KBMK (Keluarga Besar Mahasiswa Khonghucu) saat ini sedang melaksanakan Confucian Service 2023 dengan tema besar “Hari-Hari Besar dan Tradisi Konghucu di Indonesia”. Kegiatan ini berlangsung di Litang Khongcu Bio yang berada di Pasar Lama Tangerang.

Pertemuan terakhir kegiatan Confucian Service jatuh pada hari Minggu, 29 Oktober 2023.  Di sesi kali ini kami memberikan materi tentang “Hari Kelahiran Nabi Kongzi”. Sebelum memulai materi, semangat para peserta diuji dengan melakukan ice breaking berupa yel-yel. Sesi materi dimulai dengan memberikan informasi tentang kapan diperingati hari lahir Nabi Kongzi, dilanjutkan dengan menonton video yang menjelaskan siapa itu Nabi Kongzi. Setelah itu kami meminta bantuan seorang anak untuk membantu membacakan satu ayat suci yang telah ditentukan dan kami memberikan penjelasan tentang keterkaitan ayat tersebut dengan materi yang telah dibawakan.

Setelah pemaparan materi, diadakan kuis untuk melatih pemahaman peserta lalu dilanjutkan dengan games “Whisper Challenge”, dimana peserta dibentuk menjadi 4 kelompok lalu membuat barisan sesuai kelompoknya. Games ini dimainkan dengan cara membisikkan satu kalimat, yang telah disiapkan oleh panitia, dari orang paling depan ke belakang dan orang yang berada paling belakang akan menyebutkan kalimat terakhir yang diketahuinya. Akhir kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi seluruh panitia dan peserta. Secara keseluruhan kegiatan hari ini berjalan dengan baik dan lancar, panitia dan peserta terlihat sangat aktif dari awal hingga akhir. Kami berharap dengan adanya materi hari ini dapat memperluas wawasan kita semua, tentang sejarah Nabi Kongzi. Shanzai!

Sampai bertemu di event-event KBMK lainnya!! ^_^

Putri Agnes Thalia