MingDe 26 Mei 2023

Cara Menghormat dalam Agama Konghucu

Pembicara : Xs. Antonius Ong

Pada Jumat, 26 Mei 2023 KBMK BINUS kembali melaksanakan Ming De rutin secara hybrid. Topik yang diangkat dalam Ming De hari ini adalah “Cara Menghormat dalam Agama Konghucu” dengan mengundang pembicara Xs. Antonius Ong. Tetapi sebelum membahas materi terlebih dahulu dibacakan Sabda Suci Jilid VII ayat 1, Nabi bersabda, “Aku hanya meneruskan tidak mencipta. Aku sangat menaruh percaya dan suka kepada (Ajaran dan Kitab-kitab) yang kuno itu. Aku ingin dapat membandingkan diriKu dengan Loo Phing.” Xs. Antonius Ong membuka intro dengan menjelaskan arti Tian, jadi Tian adalah gabungan dari Yi 一 (satu) dan Da 大 (besar) sehingga arti Tian 天 adalah Satu Yang Maha Besar.

Materi dimulai dengan membahas salam keimanan dalam agama Khonghucu yaitu Wei De Dong Tian yang memiliki arti hanya Kebajikan Tian berkenan dan direspon lawan bicara dengan Xian You Yi De yang memiliki arti bersama miliki yang satu; Kebajikan. Selain salam, ada pula membahas tentang Kitab Suci agama Khonghucu, Sishu dan Wujing. Kitab Sishu merupakan Kitab Pokok yang berisi tentang Thai Hak (Ajaran Besar), Tiong Yong atau Zhong Yong (Tengah Sempurna), Lun Gi (Sabda Suci) dan Bingcu (Mengzi). Sedangkan Kitab Wujing merupakan kitab yang mendasari berisi tentang Sanjak (Si King), Dokumentasi (Su King), Wahyu (Yak King), Peribadahan (Lee King), Jaman Chun Chiu (Chun Chiu King). Selain 2 kitab tersebut, ada juga Kitab Bakti atau Xiao Jing yang ditulis oleh Zeng Zi dan terdiri dari 18 bab. Kitab ini berisi ajaran tentang berbakti dan memuliakan hubungan, berisi percakapan Nabi Kongzi dengan Zeng Zi.

Materi selanjutnya juga membahas tentang inti dasar ajaran Khonghucu, yaitu ada TIAN, XING, dan REN. TIAN adalah Maha Pencipta Alam Semesta yang memiliki sifat-sifat Yuan (Khalik), Heng (Akbar), Li (Rakhmat) dan Zhen (Kekal). Sedangkan XING adalah jati diri manusia, dan REN adalah perikemanusiaan. Ada pula membahas tentang tempat suci dan ibadah agama Konghucu, seperti Kong Miao/Confucius Temple, Litang yaitu tempat untuk mempelajari kesusilaan dan sikap pembinaan diri, dan Kelenteng. 

Saat sesi Q&A banyak peserta yang bertanya dan tentunya mendapatkan sangat banyak wawasan dan masukan dari Xs. Antonius Ong. Akhir kegiatan Ming De ditutup dengan sesi dokumentasi bersama pembicara. Semoga materi yang disampaikan oleh Xs. Antonius Ong pada Ming De kali ini dapat diterima dan dilaksanakan dengan baik. Shanzai. Sampai jumpa pada kegiatan Ming De selanjutnya!

Putri Agnes Thalia