ONLINE TRAINING 2022: WE ARE THE FUTURE LEADER

LDKA atau Latihan dasar Kepemimpinan Aktivis merupakan program kerja yang bersifat wajib bagi seluruh calon aktivis ISG yang baru bergabung setelah proses pendaftaran. LDKA diadakan dengan tujuan agar calon dapat berorganisasi dengan baik. Kegiatan ini akan mempersiapkan para aktivis baru agar memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab yang tinggi. LDKA memiliki fungsi untuk membangun kepribadian seorang pemimpin, membentuk karakter, kerja sama, daya mental, pola pikir dan lain-lain. Dalam program kerja ini calon akan belajar tentang struktur organisasi ISG BINUS, program kerja lainnya, AD/ART, pengurusan proposal dan sebagainya. Di masa pandemi ini, tidak memungkinkan untuk diadakannya LDKA secara onsiteĀ oleh karena itu, LDKA tahun ini diadakan secara online sehingga mendapatkan sebutanĀ online training. Online trainingĀ tahun ini diadakan selama 2 hari yaitu pada Sabtu, 12 Maret 2022 dan Minggu, 13 Maret 2022.

Gambar 1. Kata Sambutan President ISG BINUS 2022 (Kelly)

Gambar 2. Kata Sambutan Project Manager Online Training 2022 (Nadira)

Kegiatan Online Training 2022Ā pada hari pertama dimulai pukul 11:00 dan dibuka dengan kata sambutan dari kedua MC acara, yaitu Meilieani dan Farras yang akan memandu acara Online TrainingĀ selama 2 hari. Sebelum melanjutkan ke sesi selanjutnya, acara dibuka dengan kata sambutan dari President ISG BINUS 2022 yaitu Kelly disusul dengan kata sambutan dariĀ Project Manager acaraĀ Online TrainingĀ 2022 yaitu Nadira.

Gambar 3. Sesi 1 (Pengetahuan Umum)

Setelah sesi sambutan, kami memulai acara denganĀ ice breaking yang dipandu oleh Nadira. Setelah sesi ice breaking selesai, acara sesi 1 pun dimulai. Sebelum memulai materi sesi 1, para aktivis diminta untuk mengisi post-test materi pengetahuan umum dan setelah materi, para aktivis diminta untuk mengisi pre-test materi pengetahuan umum. Pada acara sesi 1, berisi penjelasan mengenai pengetahuan umum ISACA Student Group BINUS University yang dijelaskan oleh Kelly, dilanjutkan dengan, QnA Session danĀ Miro Session.Ā Diharapkan dengan pemaparan materi mengenai pengetahuan umum, para aktivis dapat lebih mengerti mengenai ISG BINUS. Setelah sesi 1 selesai, terdapatĀ break selama kurang lebih 45 menit.

Gambar 4. Sesi 2 (Job Description Sub-Divisi)

Setelah sesiĀ break selesai, acara langsung dilanjutkan ke sesi 2 yaitu materi mengenai Job Description Sub-Divisi ISG BINUS yang dipaparkan oleh Meilieani. Sebelum memulai materi sesi 2, para aktivis diminta untuk mengisi post-test materi divisi dan setelah materi, para aktivis diminta untuk mengisi pre-test materi divisi. Pada sesi 2, selain pemaparan materi, terdapat QnA Session dan Breakout Room Session.Ā Diharapkan, setelah mendengar penjelasan mengenai job description sub-divisi ISG BINUS, para aktivis semakin paham mengenai tugas yang akan mereka laksanakan selama 1 tahun kedepan.

Gambar 5. Dokumentasi Day-1 Online Training 2022

Setelah sesi materi pengetahuan umum dan materi divisi dilaksanakan, acara Online TrainingĀ hari pertama sudah selesai. Sebelum mengakhiri acara, kami melakukan dokumentasi dengan para aktivis, dan tidak lupa, para aktivis diminta untuk mengisi form evaluasi sebagai absen kehadiran mereka, dan acara ditutup oleh MC.

Acara Online Training hari kedua dimulai pukul 10:05 yang dibuka oleh kedua MC yaitu Meilieani dan Farras. Sebelum masuk ke sesi selanjutnya, acara dimulai dengan games tebak gambar yang dipandu oleh kedua MC. Setelah sesi gamesĀ selesai, acara sesi 3 pun langsung dimulai.

Gambar 6. Sesi 3 (Administrasi)

Sebelum memulai materi sesi 3, para aktivis diminta untuk mengisi post-test materi administrasi dan setelah materi, para aktivis diminta untuk mengisi pre-test materi administrasi.Pada sesi ke 3, dipaparkan materi mengenai administrasi yang didalamnya berisi penjelasan mengenai Proposal dan LPJ yang dibawakan oleh Farras dan Nadira. Selain pemaparan materi, terdapat QnA Session dan Breakout Room Session. Diharapkan setelah pemaparan materi administrasi, para aktivis dapat lebih paham mengenai pembuatan proposal dan LPJ serta administrasi yang ada di ISG BINUS.

Gambar 7. Dokumentasi Day-2 Online Training 2022

Setelah sesi ke 3 selesai, diadakan sesi dokumentasi untuk hari kedua bersama para aktivis. Sesi selanjutnya adalah sesi yang paling ditunggu-tunggu yaitu sesi pengumuman pemenangĀ games dan peserta teraktif dalam acara Online Training 2022. PemenangĀ games dan peserta teraktif masing-masing terdiri dari 1 orang yaitu Gabrielle Michelle Gunawan dan Justin Hadinata. Setelah semua kegiatan selesai untuk hari kedua, acara Online Training 2022 ini ditutup oleh Kelly selaku President ISG BINUS 2022.