Strategi Last-Mile Delivery Berkelanjutan
(Sumber: https://www.linkedin.com)
Pengiriman last-mile adalah tahap akhir rantai pasok dimana barang diantarkan kepada konsumen akhir. Fase ini krusial namun juga menimbulkan tantangan operasional dan lingkungan yang besar. Menurut Accenture, tahap last-mile menyumbang sekitar 53% dari total biaya pengiriman dan dapat menaikkan emisi karbon hingga 32% pada tahun 2030 jika tidak ada intervensi. Oleh karena itu, di tengah pesatnya pertumbuhan e-commerce global, penerapan strategi pengiriman berkelanjutan menjadi langkah penting untuk menekan biaya dan dampak ekologis.
Last-mile delivery mencakup berbagai pihak dalam ekosistem logistik. Proses ini melibatkan operator logistik (perusahaan kurir dan jasa antar paket), pengecer (terutama e-commerce), serta konsumen akhir yang menerima barang. Selain itu, pemerintah dan pemangku kepentingan kota juga berperan dalam menciptakan regulasi dan infrastruktur pendukung. Menurut Accenture, tidak ada satu pihak pun yang dapat menyelesaikan masalah ini sendirian, seluruh pemangku kepentingan – mulai dari organisasi pos dan paket, pengecer, perusahaan pengiriman, pemerintah, hingga konsumen – harus bekerja sama untuk mewujudkan sistem last-mile yang lebih cepat, efisien, dan hijau.
Permintaan global akan last-mile delivery terus meningkat seiring pesatnya peralihan ke belanja daring. Studi Forum Ekonomi Dunia memperkirakan permintaan pengiriman terakhir akan tumbuh sekitar 78% pada 2030. Akibatnya, jumlah kendaraan pengiriman di 100 kota besar dunia akan naik 36%, yang memicu kenaikan lalu lintas hingga 32% dan kemacetan jalan sebesar 21%. Tren ini sudah terlihat sekarang di kota-kota besar di Eropa, Asia, dan Amerika. Misalnya, banyak kota metropolitan menerapkan kebijakan zona rendah emisi (LEZ) untuk mendorong penggunaan armada ramah lingkungan. Kondisi ini menegaskan perlunya keberlanjutan di last-mile saat ini agar target pengurangan emisi global dapat tercapai.
Berbagai strategi inovatif telah diterapkan untuk membuat last-mile delivery lebih berkelanjutan. Salah satunya adalah optimasi rute cerdas: model perhitungan Accenture menunjukkan bahwa dengan optimasi rute dan fulfillment lokal, armada pengiriman dapat menghemat jarak tempuh hingga 140 juta kilometer. Konsolidasi pengiriman juga penting, misalnya melalui Urban Consolidation Centers (UCC) dan micro-hubs di pinggiran kota yang mengelompokkan paket sebelum didistribusikan lebih lanjut. Inovasi lainnya, seperti penggunaan loker paket dan titik penjemputan, memungkinkan pelanggan mengambil barang sendiri, sehingga mengurangi perjalanan pengiriman ulang. Selain itu, komisi Eropa juga mendorong pemakaian kendaraan emisi nol, model distribusi baru, dan rute dinamis untuk memaksimalkan efisiensi armada serta mengurangi perjalanan tanpa muatan.
Memasuki era e-commerce dan urbanisasi yang tinggi, keberlanjutan pengiriman last-mile bersifat mendesak. Kolaborasi antara perusahaan logistik, pengecer, pemerintah, dan konsumen menjadi kunci untuk meracik kombinasi strategi yang optimal – mulai dari digitalisasi rute dan konsolidasi pengiriman hingga penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan kebijakan publik pro-lingkungan. Oleh karena itu, penerapan solusi inovatif tersebut secara terpadu, industri logistik global dapat mewujudkan pengiriman akhir yang lebih efisien sekaligus ramah lingkungan di masa depan.
Sumber:
Dewi Sulistiowati, Strategi Keberlanjutan dalam Last Mile Delivery: Optimalisasi Efisiensi, Pengurangan Emisi, dan Inovasi Logistik Perkotaan, DiklatKerja, 24 Juni 2025. https://www.diklatkerja.com/blog/strategi-keberlanjutan-dalam-last-mile-delivery-optimalisasi-efisiensi-pengurangan-emisi-dan-inovasi-logistik-perkotaan
Komal Puri, How to achieve sustainable last-mile delivery & why it’s important, FarEye Blog, 13 Oktober 2022. https://fareye.com/resources/blogs/sustainable-last-mile-delivery
European Commission, Zero-emission urban freight logistics and last-mile delivery. https://transport.ec.europa.eu/transport-themes/urban-transport/zero-emission-urban-freight-logistics-and-last-mile-delivery_en