Teknologi Hyperloop, Realistis atau Mimpi?

 Kelvin  Hans

2301870615

Sumber : https://www.railwaygazette.com/dont-believe-the-hype-about-hyperloop/46126.article

Industri telah menjadi salah satu sektor yang berkembang dengan pesat revolusi industri pertama pada abad 18 dengan penemuan mesin uap yang mengubah dan mempengaruhi semua sector di dunia. Sejak abad 18, mesin uap mengubah dunia transportasi terutama sektor perkapalan dan kereta api hingga perkembangan berikut pada revolusi industri kedua yang ditandai dengan penemuan mesin listrik. Kereta api telah membantu seluruh umat manusia sejak abad ke-19. Kereta api tidak hanya membantu umat manusia bepergian tetapi juga berperan penting terhadap perkembangan ekonomi seluruh dunia termasuk di Indonesia. Seiring perkembangan zaman, meningkatnya demand terhadap distribusi manusia dan barang serta demand penghematan waktu dalam aktivitas memaksa kereta api untuk terus berkembang seiring perkembangan teknologi terutama dalam era globalisasi ini.

Jepang telah mengembangkan teknologi kereta api dengan begitu modern hingga telah berhasil membuat kereta api cepat Shinkansen yang tidak hanya sangat cepat hingga 300 km/jam tetapi juga terkenal bagi wisatawan. Kereta api cepat tengah dikembangkan di hampir setiap negara mengingat demand keperluan warga dan negara yang terus meluap terutama di bidang transportasi dan ekonomi. Namun, di tengah perkembangan kereta cepat, seorang pengusaha wiraswasta Elon Musk berpikir satu langkah lebih maju dibanding orang-orang di dunia ini.

Elon Musk adalah pengusaha wiraswasta, penemu dan industrialis paling terkenal di dunia akibat pernyataan dan ide-idenya yang sering kali dianggap gila salah satunya adalah teknologi Hyperloop yang sedang ia rancang sejak tahun 2013. Hyperloop adalah sebuah desain sistem transportasi menyerupai kereta api dengan kapsul berkecepatan tinggi sebagai sarana otomotifnya. Hyperloop menggunakan kapsul raksasa berkecepatan tinggi dengan memanfaatkan suasana bertekanan rendah serta teknologi elektromagnet yang dapat memaksimalkan kecepatan kapsul cepat ini. Kapsul ini akan bergerak dalam tabung panjang yang menjadi jalur pergerakan otomotif ini.

Hyperloop bergerak dengan dua mesin teknologi elektromagnet yang dipasan pada mesin kapsul ini. Komponen berikutnya yang tak kalah penting bagi sistem Hyperloop ini adalah kompresor khusus serta kipas angin raksasa yang menurut Elon Musk dalam dokumen resminya yang ia release ke publik dapat membuat hyperloop bergerak sangat cepat hingga mematahkan kepastian hukum Kantrowitz dalam ilmu fisika yang secara tegas menyatakan bahwa sebuah benda yang bergerak pada jalur tabung akan terhambat akibat udara yang ada pada tabung itu. Sistem lingkungan bertekanan rendah dihasilkan dengan teknologi  air bearing yang seakan akan membuat kapsul ini terlihat melayang di atas jalur tabung ini. Elon Musk sebagai industrialis juga menginginkan hyperloop untuk dapat menggunakan jembatan layang dengan sistem panel surya yang tertempel di sekitar jembatan layang hyperloop.

Hyperloop telah memulai pembuatan jalur kapsul ini di Nevada yang diperkirakan akan mencapai 3km.  Elon Musk sendiri berharap bahwa teknologi futuristik ini dapat membawa perubahan dan dampak yang positif bagi dunia. Apakah teknologi yang memungkinkan kita untuk bepergian dari Jakarta ke Surabaya kurang dari satu jam ini realistis mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat atau hanya mimpi ? Kita kaum milenial lah yang harus membuktikannya.

 

Kelvin Hans