SOSOK JENIUS DI BALIK VIDEO GAME YANG SANGAT FENOMENAL

Sumber Gambar: https://invention.si.edu/sites/default/files/inventors_baer-ralph-2003-02-19-3_2003-37027.jpg

Ghrislane Ribkaswari

2201817016

Generasi milenial pasti sudah tidak asing dengan video game. Berbagai perusahaan besar seperti Nintendo dan SONY ikut andil terhadap perkembangan game console tersebut. Namun, para penggemar game ternyata jarang mengetahui siapa pencetus permainan yang membuat semua orang kecanduan saat memainkannya. Beliau adalah Ralph Henry Baer, seorang penemu, teknisi sekaligus pengembang permainan kelahiran Jerman. Sosok jenius yang mampu merealisasikan sebuah ide sederhana menjadi proyek besar yang sempat menghebohkan dunia industri atas penemuannya. Pada awal deskripsinya, video game yang dirancang oleh Baer ditujukan kepada masyarakat sehingga dapat memainkan game action, sport dan permainan lainnya tanpa harus keluar dari rumah melalui layar televisi.

Musim panas tahun 1966 merupakan langkah awal dari proyek yang ditempuh oleh Baer dengan membuat sketsa yang lebih spesifik terhadap penemuan barunya. Hal ini yang membuat pihak Asosiasi Sanders terkesan dengan ide tersebut dan memberinya $2,500 sebagai modal serta dua insinyur untuk membuat protipe. Akhirnya, Baer dan rekannya berhasil mengajukan hak paten atas video game pertama. Proyek tersebut menghasilkan Brown Box, sebuah mesin berat dan kuat yang dilapisi oleh perekat vinil coklat dan memungkinkan pengguna untuk bermain pingpong di layar televisi masing-masing. Pada tahun 1972, Brown Box yang telah dilisensikan kemudian dirilis sebagai Magnavox Odyssey, sistem video game pertama di dunia. Baer telah menciptakan bentuk hiburan yang belum pernah ada sebelumnya, dan sejak saat itu menjadi industri baru pada bidang game senilai $90 miliar.

Antusiasme gamer semakin meningkat di era teknologi modern sekarang ini. Lebih dari dua dekade lalu, video game sudah menjadi hobi bagi semua orang bahkan profesi seorang gamer profesional yang di mulai pada 2-3 tahun belakangan sudah sangat diminati. Masa pandemi ternyata membawa pengaruh besar terhadap perusahaan game, dimana video game harus terus menerus berkembang dan memiliki inovasi yang baru. Sebuah solusi yang tepat untuk merilis berbagai macam genre game pada saat ini karena generasi muda yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa dapat mengisi waktu luang dengan aktivitas yang positif. Keuntungan menjadi gamer online pada masa Work From Home juga bermanfaat karena dapat menambah relasi dan koneksi dengan orang lain dalam ruang lingkup nasional serta internasional bahkan penghasilan melalui video game tergolong cukup tinggi mengalahkan beberapa pekerjaan lain di luar sana.

 

Sumber:

CENTER, L. (2014). Remembering Ralph Baer. Smithsonian Institution.

Foundation, T. N. (2020, September 12). Ralph H. Baer. Retrieved from National Science & Technology Medals Foundation.

Laksana, N. C. (2019, Februari 19). Mengenal Ralph H. Baer, ‘bapak’ dari video gim. (L. A. Hamdani, Ed.) Teknologi, p. 1. Retrieved from https://www.tek.id/tek/mengenal-ralph-h-baer-bapak-dari-video-gim-b1Xbm9d5j

Ghrislane Ribkaswari