Sistem pergudangan Amazon

 

Sumber Gambar : https://mobile.nytimes.com/2017/09/10/technology/amazon-robots-workers.html?referer=

 

       Amazon.com, Inc. adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang didirikan  Jeff Bezos pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995 yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon sekarang dilaporkan bernilai $ 247 miliar. Tapi perusahaan itu sebenarnya tidak menguntungkan. Apa yang membuat Amazon mengapung? bisnis dengan margin yang ketat, efisiensi adalah kuncinya
Dengan 22 tahun pengalaman dalam e-commerce dan obsesi terhadap efisiensi, Amazon telah membawa pengoptimalan yang luar biasa ke gudang tempat penyimpanan, paket dan pengiriman barang. Pada pesanan khas Amazon, pekerja akan menghabiskan sekitar satu menit – mengambil barang dari rak, lalu mengepak dan mengirimkannya. Amazon dikabarkan memiliki 80 gudang penyimpanan barang yang dibangun di beberapa lokasi di sejumlah negara. Semua gudang penyimpanan Amazon memiliki ukuran luas yang sangat luar biasa (rata-rata di atas 100,000 meter persegi). Sebuah gudang Amazon biasanya terdiri dari lorong-lorong yang digunakan untuk menyimpan barang-barang, serta conveyor belts super panjang yang akan membawa setiap barang ke meja kasir secara otomatis. Ada hal menarik yang perlu diperhatikan dari sistem tata letak barang di Amazon adalah semua produk di dalam gudang Amazon diletakkan secara acak sehingga dinamakan Chaotic Storage. Tantangan terbesar pada sistem tata letak barang ini tentunya adalah menjamin bahwa barang yang dikirimkan ke pengguna tidak salah.

    Chaotic Storage merupakan sebuah sistem yang kompleks. Tidak seperti pada gudang penyimpanan konvensional, sistem Chaotic Storage  tidak memiliki area atau ruang-ruang penyimpanan permanen. Hal ini berarti tidak ada area khusus untuk buku, atau barang elektroniik (tidak seperti tata letak toko ritel konvensional). Di gudang, para pekerja dipandu dan dipantau oleh perangkat lunak, namun dengan cara yang jauh lebih langsung. Ketika Anda memesan barang secara online, sistem Amazon dengan cepat bekerja di tempat item berada dalam inventarisnya, – keseluruhan proses dirancang agar seefisien mungkin secara manusiawi, Hal yang terpenting adalah barcode pada barang yang dapat mengaitkan dan mengintegrasikan setiap produk yang masuk di gudang. Dengan sistem ini ada beberapa keuntungan yang diperoleh. Yang pertama adalah fleksibilitas. Dengan sistem Chaotic Storage, setiap ruangan kosong dapat diisi dengan cepat tanpa membedakan jenis produk. Kedua, simplicity. Karyawan tidak perlu mempelajari dimana sebuah barang akan diletakkan. Karyawang hanya tinggal  menemukan rak penyimpanan di dalam gudang dan karyawan tidak perlu mengklasifikasikan jenis barang. Ketiga, optimalisasi. Gudang penyimpanan Amazon harus menangani jutaan perintah setiap hari. Hal ini berarti, setiap kali terdapat perintah pengiriman barang akan dapat dengan cepat dikirim.

      Dalam dekade terakhir, Amazon telah berkembang menjadi peritel online terbesar. Sebagian besar kesuksesan Amazon adalah kemampuannya untuk membangun salah satu rantai pasokan paling canggih di dunia. Secara khusus, Amazon telah membangun sistem pergudangan yang sangat canggih dan semakin otomatis. Sistem pergudangan yang hebat sangat penting bagi operasi Amazon, karena dapat memastikan tingkat persediaan yang tepat dan pemenuhan cepat dengan biaya rendah. Itu adalah kunci bagi proposisi nilai Amazon yang berbeda: pilihan banyak, harga murah, pengiriman cepat, dan kenyamanan.

        Berdasarkan data biaya, Amazon memiliki margin yang sangat tipis dari margin bersih 1,7% pada tahun 2016, dan biaya pemenuhan sebagian besar adalah 13,4% dari biaya operasional. Setiap perbaikan dalam biaya pergudangan bisa membuat perbedaan besar dalam keuntungan. Saat ini, gudang Amazon masih memiliki tenaga kerja manusia yang signifikan, namun otomasi tambahan dapat mengurangi biaya tenaga kerja. Operasi gudang juga penting untuk waktu pengiriman. Item yang lebih cepat dapat dipesan, untuk memilih di gudang, kemasan, dan pengiriman, semakin cepat pelanggan dapat menerima barang tersebut.

      Amazon telah berada di garis depan didalam sistem gudang otomatisasi. Pada bulan Maret 2012, Amazon.com mengakuisisi Kiva Systems seharga $ 775 juta, sebuah perusahaan yang mengembangkan robot gudang otomatis. Robot yang terhubung internet ini menggantikan tenaga kerja manusia untuk bergerak di sekitar gudang dan memilih barang yang dipesan pelanggan. Pada tahun 2014 perusahaan tersebut mulai meluncurkan robot ke gudangnya Setelah mengujicoba dan mengoptimalkan robot Kiva di gudang Amazon, Amazon menghentikan penjualan robot ini secara eksternal, menjadikannya salah satu keunggulan kompetitif mereka. Secara khusus, generasi baru sistem robot ini telah “memasukkan perangkat lunak intelijen dan aplikasi” yang membuat robot lebih cerdas, lebih fleksibel, dan kurang bergantung pada bantuan manusia Robot membuat pekerjaan gudang tidak lagi membosankan dan melelahkan secara fisik.

     Saat ini, Amazon menggunakan hampir 45.000 robot di 20 gudangnya, menghasilkan penghematan biaya operasi pergudangan sebesar 20%. Dalam jangka pendek, terus memperluas penggunaan robotika di fulfillment centers. Diperkirakan Amazon bisa menghemat biaya $ 22 juta untuk setiap gudang otomatis. Otomatisasi juga bisa membantu Amazon menghindari kondisi kerja yang buruk bagi pekerjanya. Sebelumnya Amazon memiliki track record yang buruk dalam hal ini, termasuk suhu panas atau dingin yang tak tertahankan di gudang.

      Amazon tidak dapat beroperasi dengan biaya yang mereka miliki dan biaya yang mereka berikan kepada pelanggan tanpa otomasi ini. Dinamika antara orang dan mesin bergerak  setiap hari di lantai gudang Amazon di tempat-tempat seperti Florence, New Jersey, dan Kent, Wash. Di Kent, robot tersebut yang secara samar-samar menyerupai kumbang raksasa dan berlarian mengelilingi dengan rak vertikal yang penuh dengan barang dagangan yang beratnya sampai 3.000 pon di punggung mereka. Ratusan dari mereka bergerak secara otonom di dalam area yang besar. Kiva memiliki dua model robot. Model yang lebih kecil adalah sekitar 2 kaki dengan 2,5 kaki, dan satu kaki tingginya dan mampu mengangkat 1.000 pound. Model yang lebih besar bisa membawa palet dan beban seberat 3.000 pound Keduanya adalah warna oranye yang khas. Kecepatan maksimum robot adalah 1,3 meter per detik. Bots mobile bertenaga baterai dan perlu diisi ulang setiap jam selama lima menit.

      Secara tradisional, barang dipindahkan ke sekitar pusat distribusi dengan menggunakan sistem conveyor atau mesin yang dioperasikan manusia (seperti forklift). Dalam pendekatan Kiva, item disimpan pada unit penyimpanan portabel. Saat pesanan masuk ke dalam sistem database Kiva, perangkat lunak menempatkan kendaraan berpemandu otomatis terdekat (bot) ke item dan mengarahkannya untuk mengambilnya kembali. Robot mobile menavigasi di sekitar gudang dengan mengikuti serangkaian stiker barcode terkomputerisasi di lantai. Setiap unit drive memiliki sensor yang mencegahnya bertabrakan dengan yang lain. Ketika unit penggerak mencapai lokasi target, dan mengangkatnya dari tanah, robot kemudian membawanya ke operator manusia yang ditentukan untuk mengambil barang.

      Di salah satu sisi gudang, sekelompok pekerja manusia stowers memasukkan produk ke dalam rak, mengisi persediaan mereka. Robot mengocok rak-rak itu dan ketika pesanan pelanggan tiba untuk produk yang tersimpan di punggung mereka, mereka mengantri di stasiun di sisi lain gudang. Di sana picker manusia mengikuti petunjuk di layar komputer, mengambil barang-barang dari rak dan memasukkannya ke keranjang plastik, yang kemudian hilang dengan conveyor belts yang ditujukan untuk packers, orang-orang yang memasukkan produk ke dalam kotak kardus yang ditujukan untuk pelanggan. Amazon juga menggunakan jenis robot lain di gudangnya, termasuk robot palletizers  robot dengan lengan besar yang bisa memindahkan keranjang besar persediaan Amazon.        Pendekatan Kiva yang relatif baru terhadap sistem penanganan rantai pasokan otomatis untuk pemenuhan pesanan adalah mendapatkan daya tarik dalam pemenuhan eCommerce, restocking ritel, distribusi suku cadang dan operasi distribusi alat-alat medis. Sistem ini jauh lebih efisien dan akurat.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  1. Francis Churchill, “Amazon joins Gartner’s supply chain masters,” Chartered Institute of Procurement & Supply, May 26, 2017, https://www.cips.org/supply-management/news/2017/may/amazon-joins-garners-supply-chain-masters/, diakses Maret 2018.
  1. Jennifer McKevitt, “Amazon challenges inventors to design new warehouse picking robot,” Supply Chain Dive, May 12, 2017, https://www.supplychaindive.com/news/amazon-warehouse-automation-fulfillment-challenge-picking/442563/, diakses Maret 2018.
  2. Jim Edwards, “Brutal Conditions In Amazon’s Warehouses Threaten To Ruin The Company’s Image,” Business Insider, August 5, 2013, http://www.businessinsider.com/brutal-conditions-in-amazons-warehouses-2013-8, diakses Maret 2018.
  3. Jonathan Camhi, “Amazon looks to further logistics automation”, Business Insider, April 26, 2017, http://www.businessinsider.com/amazon-looks-to-further-logistics-automation-2017-4, diakses Maret 2018.
  4. Paul Simpson, “The secrets behind Amazon’s success,” Chartered Institute of Procurement & Supply, January 21, 2016, https://www.cips.org/supply-management/analysis/2016/february/the-secrets-behind-amazons-success/, diakses Maret 2018.
  5. Steve Banker, “New Robotic Solutions For The Warehouse,” Forbes, March 7, 2017, https://www.forbes.com/sites/stevebanker/2017/03/07/new-robotic-solutions-for-the-warehouse/#b84caf66506e, diakses Maret 2018.
YUDISTIRA SATRIATAMA