Penerapan IoT dalam Kehidupan Sehari-hari

(Sumber: https://www.phiradio.net/pengertian-internet-of-things-iot/

Gleyren Zefanya

2440063845

Internet of Things

Memasuki era Revolusi Industri 4.0, kebutuhan manusia terhadap teknologi sangat besar. Teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dalam berbagai hal. Salah satu teknologi yang penting dalam era Revolusi Industri 4.0 ini adalah Internet of Things (IoT). Mungkin banyak yang belum familiar dengan teknologi yang satu ini. Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep memperluas konektivitas internet sehingga suatu perangkat dapat terhubung dan terintegrasi dengan perangkat lainnya. Hal ini bertujuan agar perangkat tersebut dapat mengirimkan data ke perangkat lainnya melalui jaringan tanpa adanya bantuan dari komputer atau bahkan manusia. 

Penggunaan Internet of Things (IoT) memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, mengurangi beban kerja, mengurangi cost dan meningkatkan produktivitas, real-time marketing, meningkatkan kualitas data, meningkatkan efektivitas monitoring kegiatan, dan masih banyak lagi. Berdasarkan manfaat tersebut, IoT tentu memberikan berbagai kemudahan bagi manusia dalam melakukan berbagai hal. Oleh karena itu, penerapannya di Indonesia sangat perlu untuk dikembangkan. 

Indonesia kini sudah mulai menerapkan teknologi IoT dalam berbagai hal. Sebenarnya penggunaan IoT bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contoh, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan smart garage door. Smart garage door adalah sebuah pintu garasi pintar yang memanfaatkan penggunaan IoT dalam melakukan sistem kerjanya. Pengguna dapat membuka dan menutup pintu garasinya secara otomatis melalui smartphone yang ia miliki. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan monitoring keadaan pintu garasinya sehingga keamanan rumahnya dapat terjaga. Selain smart garage door, masih banyak lagi contoh penerapan IoT di Indonesia yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti lampu jalan pintar, mesin penyiram otomatis, smart plug, kulkas pintar, Jakarta One Card, smart home, penggunaan command center pada CCTV, Surabaya bus, dan lain sebagainya.

Internet of Things (IoT) merupakan suatu konsep yang dapat mempermudah segala kegiatan manusia. IoT memberikan berbagai manfaat yang tentunya sangat berguna di era Industri 4.0 ini. Oleh karena itu, penggunaannya di Indonesia perlu untuk dikembangkan agar Indonesia dapat beradaptasi pada masa Revolusi Industri 4.0 ini. 

Sumber:

Asy’ari, M. Z. (n.d.). Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari: 13 Contoh Real. Retrieved from auftechnique: https://auftechnique.com/penerapan-iot-di-kehidupan-sehari-hari/ 

Romadhon, R. (2021, 08 24). Siap menyambut Internet of Things (IoT), Indonesia? Retrieved from softwareseni: https://www.softwareseni.co.id/blog/internet-of-things-di-indonesia 

Gleyren Zefanya