Peran 5G dalam Perubahan Industri Telekomunikasi

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210614161224-185-654157/6-fakta-jaringan-5g)

Jaringan 5G merupakan jaringan baru yang kini telah tersedia di Indonesia. Melalui jaringan ini, masyarakat dapat mengakses internet dengan kecepatan data yang tidak perlu diragukan. Selain itu, jaringan 5G juga menyediakan latensi yang lebih rendah dibandingkan dengan jaringan-jaringan yang sebelumnya. Saat ini, sudah ada dua operator telekomunikasi di Indonesia yang telah menyediakan jaringan 5G untuk penggunanya, yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo. 

Masuknya jaringan 5G ke Indonesia diharapkan dapat memiliki peran yang penting bagi Revolusi Industri 4.0. Bidang-bidang yang diharapkan dapat berkembang pesat dengan adanya jaringan 5G adalah Virtual Reality (VR), Internet of Things (IoT), dan Augmented Reality (AR). Jaringan 5G memiliki kemampuan kecepatan data yang fantastis dan memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat dalam jumlah besar secara bersamaan. Maka dari itu, jaringan 5G sangat diharapkan dapat membawa perubahan pada industri telekomunikasi karena dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan-pekerjaan pada Revolusi Industri 4.0.

Akan tetapi, di balik dampak-dampak positif yang jaringan 5G berikan, tetap ada kekurangan-kekurangan pada jaringan 5G. Masalah biaya merupakan tantangan yang paling sering ditemukan. Jaringan 5G memberikan kemampuan yang besar, namun untuk mendapatkan kemampuan tersebut dibutuhkan pembangunan infrastruktur yang besar. Maka dari itu, agar lebih banyak pengguna dapat menggunakan jaringan 5G, dibutuhkan investasi dalam jumlah besar kepada operator telekomunikasi. Selain itu, karena jaringan ini jaringan baru, keamanan data juga dapat menjadi tantangan. 

Meskipun memiliki dampak positif yang menguntungkan dan tantangan yang cukup menguji, ke depannya penggunaan jaringan 5G akan sangat dibutuhkan. Jaringan 5G masih perlu dikembangkan dan diuji kembali penggunaannya. Maka dari itu, teknologi ini harus kembali memperhatikan isu mengenai keamanan penggunanya. Selain itu, dengan memiliki kemampuan kecepatan jaringan data yang tinggi, jaringan 5G juga diharapkan dapat dijadikan sebagai peluang sebuah perusahaan telekomunikasi untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi. 

Sumber:

Al, Z. (2022). Mengenal Teknologi 5G dan Implikasinya bagi Industri. Kumparan. https://kumparan.com/zulfikar-al/mengenal-teknologi-5g-dan-implikasinya-bagi-industri-1zU0G8Rn7V0/full 

6 Fakta Jaringan 5G. (2021). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210614161224-185-654157/6-fakta-jaringan-5g 

Shabrina Sepvina Putri Zulia