Increasing Engagement in E-Commerce Through Elevated Customer Experience

(Sumber: entrepreneur.com)

Customer experience adalah interaksi atau pengalaman pembeli dalam proses pembelian suatu barang. Customer experience merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pelanggan dalam membeli suatu produk atau jasa. Customer experience yang baik akan membuat pelanggan senang dan tertarik untuk membeli produk/jasa itu kembali. Hal tersebut juga berlaku bagi customer dalam membeli suatu produk melalui e-commerce. Pada era industri 4.0, customer experience pada e-commerce dapat ditingkatkan dengan bantuan teknologi yang semakin canggih.

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan customer experience bagi pelanggan. Pertama, penggunaan tool insight untuk menciptakan produk yang pelanggan inginkan. Kedua, melakukan analisis prediktif dengan data analitik. Ketiga, menggunakan chatbot AI untuk membalas chat kritik/saran pelanggan dengan cepat.

Pada industri 4.0 semakin banyak pelanggan yang beralih untuk membeli produk pada e-commerce. Cara-cara untuk meningkatkan customer experience yang telah disebutkan merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh e-commerce pada industri 4.0 untuk meningkatkan customer experience. Dengan meningkatnya customer experience pelanggan akan tentunya terjadi peningkatan terhadap profit dan engagement dari pelanggan.

Sumber:

1. Dixon, R. (2021, March 12). 4 Ways to Use AI to Enhance the Customer Experience. Retrieved from Entrepreneur: https://www.entrepreneur.com/science-technology/4-ways-to-use-ai-to-enhance-the-customer-experience/366465 

Mireyva Lordeshia