BINECA 2023

Bina Nusantara Industrial Engineering Competition Arena atau BINECA 2023 merupakan salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI) dimana terdiri atas beberapa rangkaian acara yang meliputi perlombaan, seminar, dan talk show. Rangkaian acara ini membahas seputar perindustrian yang sedang banyak terjadi di era digitalisasi, terutama di Indonesia. Acara BINECA pada tahun ini diselenggarakan secara full offline untuk peserta area Kemanggisan dan terdapat versi online untuk peserta area Semarang yang berlangsung dari tanggal 14 Oktober hingga 18 November 2023. Acara BINECA 2023 ini memiliki tema besar, yaitu “Revolutionizing Transportation: Embracing Sustainability, Integrity, and Innovation”. Pengangkatan tema ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta mengenai pengenalan tentang revolusi transportasi yang dapat membawa perubahan positif dalam keberlanjutan lingkungan, integritas, dan kualitas hidup manusia.

Salah satu rangkaian acara BINECA 2023, yaitu BINECA Lomba merupakan acara lomba keilmuan dengan mengangkat topik mengenai teknik industri atau masalah-masalah industri yang sedang terjadi di Indonesia. Perlombaan keilmuan ini terdiri atas tiga jenis lomba yang meliputi, lomba business case untuk tingkat universitas, cerdas cermat untuk pelajar tingkat SMA/SMK, dan poster untuk umum baik SMA/SMK maupun universitas. BINECA Lomba ini mengangkat tema besar, yaitu “Revolutionizing Transportation: Embracing Sustainability, Connectivity, and Innovation”. Subtema yang telah digunakan untuk masing-masing lomba adalah “Tech-infused Transit: Participate in Revolutionizing Public Transportation in Indonesia” untuk lomba business case, “Unleashing Sustainable Innovations This Everevolving World” untuk lomba karya tulis ilmiah, dan “Transportation revolution for sustainability, integration, and innovation based on increasingly advanced technology today” untuk lomba poster. Tema dan masing-masing subtema lomba dipilih sedemikian rupa dengan tujuan untuk memperluas wawasan peserta mengenai revolusi teknologi dan inovasi trasnportasi seiring perkembangan zaman.

BINECA Lomba tahun ini telah dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Oktober 2023 untuk babak grand final Cerdas Cermat di ruang kelas K2A Universitas Bina Nusantara Kampus Syahdan dan Grand Final Business Case diadakan di Auditorium Anggrek Lt 4, pada tanggal 18 November 2023. Lomba  dimenangkan oleh Universitas Universitas Tarumanagara yang beranggotakan Joshua Agustinus, Jessica Maria Kusuma Miharja, Joshua Marcellinus sebagai juara I, juara II lomba business case dimenangkan oleh Universitas Indonesia yang beranggotakan Naufal Putra Wibowo, Jonathan Ferdinand Mangaraja Manurung, Naila Izzati Mushafa, dan juara III lomba business case dimenangkan oleh Institut Teknologi Bandung yang beranggotakan Ihza Fajria Rajabie Mukhlis, Mochammad Arsa Faiq Rizqulloh, Raihan Wangsa Wijaya. Pada Cerdas Cermat, juara I dimenangkan oleh dari SMAIT DARUL QURAN yang beranggotakan Rafif Syafiq, Muhammad Fauzan Abrar, Fahmi Muhammad Rabbani. Juara II lomba Cerdas Cermat dimenangkan oleh SMA Permai yang beranggotakan Lakeishya Luki, Nicholas Putra A., Kaneshia Putri T. dan juara III Cerdas Cermat dimenangkan oleh tim dari UPH COLLEGE yang beranggotakan Kenji Edric Harjono, Sang Made Wira Satya Dhamma, Jacksen Leedra. Lomba selanjutnya adalah lomba poster yang dimenangkan oleh Universitas Bina Nusantara sebagai juara I yang beranggotakan Chievo Derino Alfarace, Brigitta Eleonara Nathania, juara II dimenangkan oleh Universitas Bina Nusantara yang beranggotakan Yustinus Wahyu Surya Adityatama, Tenaya Maula Prabhaswarajnana, Muhammad Farhan Hilman. Juara III lomba poster dimenangkan oleh Universitas Bina Nusantara yang beranggotakan Amelia Rossannuria, Jovanca Anandita To’a, dan juara favorit dimenangkan oleh SMA Santo Aloysius 2 Bandung yang beranggotakan Bellynda Christa Verrent, Indira Hasim, Johana Selviana Tanuwijaya.

Rangkaian acara lainnya pada BINECA 2023, yaitu Seminar & Talk Show BINECA 2023 yang membahas materi terkait teknologi revolusi transportasi dalam dunia perindustrian. Rangkaian acara ini telah diadakan pada hari Sabtu, 18 November 2023 secara full onsite untuk peserta area Kemanggisan dan full online untuk peserta area Semarang dengan mengangkat tema “Challenges in transportation development in Industry 4.0” untuk seminar dan talk show. Pengangkatan tema ini bertujuan untuk mengembangkan pola pikir dalam menghadapi dampak transportasi modern yang terjadi dalam bidang industri dan ekonomi kepada peserta. Acara seminar kali ini telah mengundang Suryawan Putra H. selaku Executive Vice President of Logistic/Supply Chain of PT KAI sebagai pembicara seminar dan dilanjutkan dengan acara talk show yang mengundang public figure pada dunia otomotif, yaitu Rudy Salim yang telah membahas mengenai electrification kendaaraan saat ini pada Industri 4.0. Seminar dan Talk Show akan dilaksanakan di ruang auditorium Universitas Bina Nusantara Kampus Anggrek.

Melalui acara BINECA 2023, diharapkan pelajar SMA/SMK, mahasiswa/i, dan masyarakat umum dapat memperluas pemahaman dan pengetahuan kritis agar dapat menghadapi perkembangan teknologi transportasi pada era saat ini. Acara BINECA 2023 juga diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi dalam menghadapi revolusi industri teknologi transportasi yang semakin berkembang.