Penggunaan Artificial Intelligence pada E-Commerce Indonesia

(Sumber: https://images.app.goo.gl/D7bmdfQ8E7KLGCb98)

Teknologi dapat dijumpai dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat sehingga manusia dapat menjalani hidup dengan lebih mudah. Saat ini, kita telah memasuki era industri 4.0 yang berfokus pada otomatisasi cerdas. Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu dari berbagai jenis teknologi yang dikembangkan pada era ini. AI telah digunakan dalam berbagai bidang salah satunya pada kegiatan jual beli di e-commerce Indonesia. 

E-commerce adalah sebuah tempat untuk melakukan transaksi secara digital antara penjual dan pembeli tanpa harus bertemu langsung. Keberhasilan transaksi didukung dengan teknologi AI yang ada saat ini, seperti penggunaan chatbot, fitur pencarian dengan gambar, kemunculan iklan dan rekomendasi sesuai preferensi pelanggan, dan proses pembayaran yang menggunakan verifikasi face recognition. Penjual biasa menggunakan chatbot untuk merespon pesan dari pelanggan dengan cepat sehingga pelanggan tidak merasa diabaikan. Penggunaan chatbot juga digunakan pada layanan pelanggan platform, contohnya adalah Tokopedia Care pada aplikasi Tokopedia. Fitur pencarian dengan gambar membantu pelanggan untuk mencari barang yang tidak mereka ketahui nama atau jenisnya. Iklan dan rekomendasi yang dimunculkan sesuai histori pencarian dan preferensi pelanggan akan membantu pengguna menemukan produk yang diinginkan. Proses pembayaran yang dilakukan dengan verifikasi face recognition akan membuat transaksi berlangsung dengan lebih aman. 

Kehadiran fitur-fitur AI pada e-commerce memberi manfaat bagi penjual, pembeli, dan perekonomian Indonesia. Produk yang dipasarkan penjual akan lebih banyak muncul di beranda pelanggan dengan adanya rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Pelanggan akan mendapat rekomendasi dan mudah menemukan produk yang diinginkan. Kedua hal ini akan menambah jumlah transaksi yang terjadi di platform e-commerce. Semakin banyak transaksi yang terjadi, roda perekonomian akan terus bergerak dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat semakin meningkat.

Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan pada era industri 4.0 digunakan dalam berbagai hal salah satunya platform e-commerce. Kehadiran AI membawa manfaat bagi penjual, pembeli, dan perekonomian Indonesia. Proses transaksi secara digital di e-commerce diharapkan berjalan dengan baik dan aman dengan kehadiran teknologi AI.

Sumber:

1. Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184.

Clara Roselina Mukti