Manfaat Artificial Intelligence pada Pendidikan

Sumber: (https://binus.ac.id/2020/11/tertarik-dengan-inovasi-kecerdasan-buatan-atau-artificial-intelligence-ambil-jurusan-ini/)

Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan

Yosua Natanael Tantio

2301853161

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan sebuah simulasi dari kecerdasan manusia yang mana simulasi tersebut dimodelkan di dalam sebuah mesin dan diprogram agar mesin tersebut bisa berpikir seperti halnya manusia. AI bisa juga dibilang sebagai sebuah sistem komputer yang bisa melakukan berbagai pekerjaan yang biasanya memerlukan tenaga ataupun kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Teknologi AI memerlukan data untuk dijadikan sebagai pengetahuan agar AI tersebut bisa bekerja dengan baik. Selain data, AI juga membutuhkan pengalaman agar bisa lebih baik lagi.

Penerapan AI pada pendidikan di Indonesia saat ini masih belum terlalu banyak. Jika diterapkan dengan baik, tentunya ada banyak sekali manfaat yang diberikan kepada siswa maupun pengajar. Artificial Intelligence dapat beradaptasi dengan setiap siswa sesuai dengan tingkat kemampuan dan keahlian siswa tersebut. Hal tersebut bisa membuat siswa bisa fokus dengan keahlian mereka tanpa membebani tenaga pengajar, selain itu siswa juga bisa lebih tertarik dalam belajar karena nantinya konten-konten yang disediakan oleh sistem sesuai dengan ketertarikan mereka. Tenaga pengajar bisa lebih baik lagi dalam memahami para siswa. AI juga dapat membantu tenaga pengajar untuk bisa lebih baik lagi dalam memahami para siswa. Diterapkannya Artificial Intelligence dalam jangka panjang, nantinya AI tersebut bisa membantu sekolah maupun tenaga pengajar untuk membuat kurikulum yang diperlukan dengan berdasarkan data-data dan pengalaman dari AI tersebut.

Contoh-contoh di atas membuat kita bisa melihat bahwa implementasi dari teknologi AI tidak hanya terbatas pada bisnis ataupun industri saja. Teknologi AI bisa membantu manusia sampai dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan merupakan salah satunya. Penerapan sistem adaptasi yang baik dapat membantu sistem pendidikan di seluruh dunia agar menjadi lebih baik lagi dan menghasilkan lulusan-lulusan unggulan yang dapat membangun dunia.

Sumber:

Copywriter. (2021, May 1). Bagaimana Teknologi AI Dapat Membantu Dunia Pendidikan. Retrieved from SASANA DIGITAL: https://sasanadigital.com/bagaimana-teknologi-ai-dapat-membantu-dunia-pendidikan/

Wahyudi, K. (2020, November 5). Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Manfaat dan Tantangannya. Retrieved from Hardayaperkasa: https://www.berca.co.id/2020/11/05/artificial-intelligence-dalam-pendidikan-manfaat-dan-tantangannya/

Yosua Natanael Tantio