PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) 2022

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) 2022 merupakan salah satu program kerja HIMTRI (Himpunan Mahasiswa Teknik Industri) pertama yang dilakukan secara hybrid, acara ini dilaksanakan dari tanggal 23 Mei sampai 25 Juni 2022. Terdapat tiga sub-event yang dimulai dengan campaign, bakti sosial, dan diakhiri dengan webinar. Kegiatan open donation dilaksanakan pada tanggal 23 Mei s.d. 16 Juni 2022 melalui Instagram dan group Line yang akan disalurkan pada acara bakti sosial pada tanggal 19 Juni di Yayasan Karena Doa Depok, campaign dilaksanakan pada tanggal 12 s.d. 21 Juni 2022 melalui Instagram dan group Line, dan webinar yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2022.

Banyak dari masyarakat saat ini belum memiliki pemahaman tentang pentingnya persetujuan sebelum melakukan interaksi sosial. PkM 2022 memilih tema “Abolishing Sexual Through the Education of Consent” dengan tujuan agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya memahami tindakan apa saja yang termasuk dalam kekerasan seksual dan bagaimana cara untuk mencegahnya. Melalui tema tersebut, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pemahaman terkait consent affirmative serta cara melawan tindak kekerasan seksual.

Acara pertama yang dilakukan adalah campaign dengan tema “Abolishing Sexual Assault Through the Education of Consent” yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 s.d. 21 Juni 2022. Kegiatan tersebut berupa ajakan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan awareness dan mengajak masyarakat untuk semakin peduli mengenai tentang perizinan dalam berinteraksi seksual. Campaign dilakukan di Instagram masing-masing peserta dengan mem-posting Snapgram berupa opini dan infografis sesuai ketentuan materi yang telah disediakan. Kegiatan campaign juga bekerja sama dengan TFI (Teach For Indonesia) untuk memberikan community service hour kepada mahasiswa/i BINUS University yang telah mengikuti campaign sampai akhir sesuai dengan aturan yang berlaku.

Acara kedua adalah bakti sosial yang diawali dengan open donation pada tanggal 23 Mei s.d. 16 Juni 2022 melalui Instagram dan group Line. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dengan acara Bakti Sosial pada Yayasan Karena Doa yang bertempat di Depok. Hasil donasi disalurkan langsung oleh beberapa panitia secara offline berupa uang, dan sembako. Selain menyalurkan hasil donasi, panitia juga memberikan edukasi tentang kekerasan seksual kepada anak panti asuhan berupa materi dan games.

Sumber: Dokumentasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) 2022

Sumber: Dokumentasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) 2022

Acara ketiga, yaitu webinar yang dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Cloud Meetings dan Auditorium BINUS Anggrek pada 25 Juni 2022. Acara ini memiliki tema tersendiri, yaitu “The Importance of Affirmative Consent to Avoid Sexual Harassment”, acara ini dilaksanakan berupa seminar kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran akan pengetahuan dalam pentingnya melakukan perizinan dalam berinteraksi seksual. Webinar ini dihadiri oleh Alifa Hana Syahrani yang merupakan founder dari @Wowmengroup sebagai pembicara yang menyampaikan materi terkait perizinan dalam berinteraksi seksual.

Sumber: Dokumentasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) 2022

Sumber: Dokumentasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) 2022