LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN ORGANISASI (LKMO) 2022

Latihan Keterampilan Manajemen Organisasi atau disebut dengan LKMO merupakan acara yang diselenggarakan oleh HIMTRI setiap tahunnya. LKMO diadakan sebagai tahap akhir dari sistem kaderisasi HIMTRI untuk menjadi seorang aktivis. Kegiatan LKMO pada tahun ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 10, 15, dan 16 Maret 2022 dengan pelaksanaan Technical Meeting (TM) pada tanggal 4 Maret 2022. LKMO 2022 mengusung tema “Build the Strong Character for Good Leadership in Organization“. Tujuan dipilihnya tema tersebut adalah agar mahasiswa dapat menjadi pemimpin yang berkarakter dalam berorganisasi. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil, memiliki pemikiran yang kritis dalam mengambil keputusan, mampu mengatur waktu yang digunakan, dan dapat memanajemen dirinya sendiri juga orang lain. Kegiatan LKMO pada tahun ini dihadiri 82 peserta calon aktivis dan seluruh peserta terlibat secara proaktif dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Para peserta terbagi menjadi 10 kelompok dengan masing-masing kelompok memiliki mentor yang bertugas untuk memberi arahan serta membimbing dalam proses LKMO.

Sumber: Dokumentasi LKMO 2022

TM LKMO 2022 dibuka dengan penyampaian sambutan dari Project Manager dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada hari pertama, kedua, dan ketiga. Pembawaan materi TM LKMO dilanjutkan oleh Koordinator Divisi Acara untuk menjelaskan tata tertib, pengertian LKMO, serta rundown yang dilanjutkan dengan penjelasan tugas LKMO mengenai ketentuan nametag, pembuatan virtual background, project akhir dan pembagian kelompok. Panitia LKMO 2022 juga memberikan waktu untuk sesi tanya jawab kepada para peserta.

Sumber: Dokumentasi LKMO 2022

Hari pertama LKMO 2022 dibuka dengan kata sambutan oleh Ketua HIMTRI PROGRES sekaligus Project Manager dari acara LKMO. Setelah pembukaan, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu pengecekan atribut kelompok, menyanyikan yel-yel, dan penyampaian materi oleh pembicara. Penyampaian materi dibawakan oleh Dhea Aviani selaku DPI HIMTRI SIGAP dengan tema “The Importance of Professional Manner in Management Organization”, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Patricya Christine selaku PHO HIMTRI SIGAP dengan tema “Improve Our Skill in Decision Making to be a Great Leader”. Sebelum memasuki sesi penyampaian materi terdapat games yang menarik untuk melatih kerja sama. Penyampaian materi selanjutnya dibawakan oleh Ronald Luwijaya selaku DPI HIMTRI RISET dengan tema “How to Manage the Spirit of Ourselves in the Organizationdan diakhiri oleh Nicolas Amory selaku PHO HIMTRI RISET dengan tema “Grow Creative to Make Innovation and Impact in Organization”, kemudian ditutup oleh foto bersama dengan para pembicara.

Sumber: Dokumentasi LKMO 2022

Hari kedua LKMO 2022 dibuka dengan pengecekan atribut dan menyanyikan yel-yel oleh setiap kelompok. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh DPI HIMTRI PROGRES mengenai sistem kepengurusan HIMTRI yang meliputi perkenalan, makna logo, sistem birokrasi, serta program kerja HIMTRI. Setelah penyampaian materi, terdapat kegiatan roleplay tahap pertama yang dilakukan dengan simulasi pembuatan program kerja HIMTRI yang telah disiapkan dalam bentuk proposal dan dipresentasikan dalam breakout room. Hari kedua diakhiri dengan penutupan dan foto bersama.

Sumber: Dokumentasi LKMO 2022

Hari ketiga dibuka dengan pengecekan atribut dan menyanyikan yel-yel. Pembukaan dilanjutkan dengan roleplay tahap kedua yang akan dipresentasikan di main room dengan durasi 10 menit. Kegiatan LKMO dilanjutkan dengan big games yang terdiri dari 4 games secara berturut-turut. Acara hari ketiga ditutup dengan penampilan final project yang ditampilkan di main room dan seremoni pemberian bendera kepada calon aktivis sekaligus ditutup oleh Ketua HIMTRI PROGRES dan Project Manager LKMO 2022.

Melalui acara ini, peserta diharapkan untuk mendapat pengalaman yang bersifat positif dan membangun karakter pemimpin dari setiap mahasiswa untuk menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia nyata, serta dapat menunjukkan jiwa kepemimpinan yang aplikatif dan komprehensif dalam menerapkan sistem manajemen berorganisasi. Peserta juga diharapkan dapat memiliki pengetahuan serta keterampilan tentang bagaimana cara merencanakan dan menyelenggarakan sebuah program kerja dengan perencanaan yang matang, cermat, dan sistematis.