Perkembangan Fashion Industry di Era Pandemi

Sumber: (https://asia.nikkei.com/Business/Business-trends/Bangladesh-fights-for-future-of-its-garment-industry)  

Industri Fashion

Kehadiran pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan pada berbagai sektor, salah satunya, yaitu industri fashion. Pergantian tren yang cepat dan dinamis di kalangan masyarakat menciptakan tren serta kebiasaan baru pada industri ini, di antaranya, yaitu peralihan belanja pakaian secara online. Sejak adanya pandemi, daya minat beli masyarakat terhadap produk fashion juga jauh menurun sebesar 34% pada periode Januari-Maret 2020, hal ini dapat terus berlanjut meski pandemi berakhir karena belanja secara online menawarkan berbagai fitur kemudahan dengan harga relatif murah. 

Generasi masa kini lebih memilih untuk menggunakan aplikasi online untuk belanja pakaian karena dinilai lebih nyaman, sebab kebanyakan dari mereka lebih memilih menggunakan waktunya untuk melakukan kegiatan lain tanpa harus datang ke toko. Pandemi juga menciptakan gaya hidup baru dalam bidang fashion. Hal tersebut rupanya berpengaruh pada tren busana dan kebiasaan dalam berpakaian, yaitu banyak masyarakat yang mencari busana multifungsi agar dapat digunakan untuk acara santai ataupun bekerja. Para desainer akhirnya membuat busana sesuai dengan permintaan masyarakat untuk dapat bertahan di industri fashion.

Pakaian seperti loungewear dengan warna atau pola sejenis menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menjadi pakaian kerja nyaman namun tetap terlihat profesional saat mengadakan meeting secara virtual. Selain itu, melalui metode upcycling yang merupakan salah satu tren yang memanfaatkan barang yang sudah ada atau bisa disebut daur ulang pakaian. Metode ini dapat meningkatkan kreativitas merek dalam membuat pakaian unik dan menjadikan produk tersebut menjad limited edition dan dapat mengurangi limbah fashion

Walaupun adanya pandemi Covid-19 yang menurunkan daya minat masyarakat dalam membeli busana, hal ini membuat para desainer tertantang untuk berinovasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang baru sehingga dapat menciptakan berbagai produk fashion lebih kreatif dan unik.

Sumber:

Cicilia M. (2021). “Pandemi COVID-19 Ciptakan Tren Baru di Industri Fesyen”. https://www.antaranews.com/berita/2000881/pandemi-covid-19-ciptakan-tren-baru-di-industri-fesyen, diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Nindita H. (2021). “Bagaimana Industri Fashion Bertahan Selama Tahun Pandemi 2020”. https://tirto.id/bagaimana-industri-fashion-bertahan-selama-tahun-pandemi-2020-f9rt, diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Andriani, D. (2021). “Penjualan Fesyen Tetap Bertumbuh di Masa Pandemi”. https://lifestyle.bisnis.com/read/20210211/104/1355329/penjualan-fesyen-tetap-bertumbuh-di-masa-pandemi, diakses pada tanggal 11 Januari 2022.

Elenna Bernadetta Lysandra