Perkembangan Sistem Pendidikan pada Abad ke-21

Sumber : https://dribbble.com/shots/3115808-Virtual-Assistants 

Penerapan Teknologi Voice Assistant dalam Proses Pembelajaran

Christopher Jonathan

2301901803

Perkembangan teknologi yang terus memberikan pengaruh terhadap banyak aspek dalam kehidupan manusia, mulai dari faktor ekonomi, faktor politik, faktor ilmu pengetahuan serta faktor pendidikan. Faktor pendidikan adalah salah satu faktor penting bagi negara Indonesia karena kedepannya para generasi muda ini yang akan menentukan nasib bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Indonesia harus bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang digunakan di beberapa negara maju seperti Jepang, Finlandia, Inggris, dan Amerika. Sistem pendidikan di negara maju sudah melakukan perkembangan dengan cara menggunakan teknologi sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan pendidikan untuk generasi muda yang lebih paham akan teknologi.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah program komputer yang dirancang untuk mengikuti tindakan dan pola pikir manusia. Tujuan dirancangnya kecerdasan buatan adalah mempermudah pekerjaan yang dilakukan manusia sehingga menjadi lebih cepat dan efisien.  Teknologi kecerdasan buatan telah berkembang sejak tahun 1990-an dengan menggunakan penerapan psikologi pada komputer. Perkembangan teknologi pada abad-21 menjadi semakin cepat di mana banyak kegiatan dalam kehidupan manusia yang bergantung dengan teknologi kecerdasan buatan, contohnya adalah berkembangnya teknologi voice assistant dari berbagai brand teknologi ternama seperti Google, Siri,  dan Cortana.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) telah diimplimentasikan dalam proses pendidikan dimana sebelumnya sumber pengetahuan hanya diperoleh dari pelajaran sekolah, dari buku, majalah , artikel, dan jurnal dengan jumlah yang terbatas namun dengan berkembangnya zaman terjadinya perkembangan dari sumber pengetahuan yang semakin luas di mana sekarang telah lebih jutaan sumber informasi yang dapat diakses dengan hanya menggunakan suara.  Segala jenis informasi seperti materi pembelajaran dari mulai dari bidang seni, ilmu pengetahuan,  sampai matematika dapat diakses dengan mudah dengan adanya teknologi Artificial Intelligence (AI).

Penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses pendidikan memberikan dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif yang ditimbulkan adalah para siswa siswi dapat mengetahui ilmu pengetahuan yang lebih luas serta juga dapat mengembangkan kemampuan baru sehingga memiliki banyak talenta. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah banyak siswa yang menjadi malas dan mengesampingkan tugasnya sebagai siswa untuk menuntut ilmu dikarenakan mudah untuk mengakses informasi.

Perkembangan teknologi sangat membantu kehidupan manusia dari segala aspek, terutama dari aspek pendidikan yang menjadi modal sebagai bangsa. Peran orang tua dan guru adalah sebagai pendamping siswa agar dapat mempersiapkan diri sebagai penerus dari bangsa ini.  Perkembangan teknologi harus dapat disikapi secara seksama karena apabila tidak disikapi secara baik kedepanya kan menjadi boomerang.

Sumber:

Supiandi. (2015). Analisis Digital Assistant versi Cortana,Siri, dan google now. Infotech Journal, 1(2), 19-23.

https://nagitec.com/penerapan-teknologi-ai-dalam-kehidupan/

 

Christopher Jonathan