AKADEMIK EXPO: INDUSTRIAL STREAM AND ENRICHMENT PROGRAM

Divisi Akademik menyelenggarakan Expo Industrial Stream dan Enrichment Program sebagai proyek tahunan. Expo Industrial Stream dan Expo Enrichment Program merupakan expo yang bertujuan untuk membekali para parsitisipan dengan ilmu dan pengetahuan seputar stream peminatan dan program enrichment. Expo Industrial Stream membahas informasi seputar 3 stream peminatan yaitu Supply Chain Management, Service Systems Engineering, dan Manufacturing System Engineering yang harus dipilih oleh mahasiswa/i Teknik Industri menjelang semester 5. Expo Enrichment Program membahas program enrichment yang digagas oleh BINUS sendiri untuk membantu mahasiswa/i Teknik Industri menjelang masa enrichment program, di antaranya adalah Internship, Research, dan Program Alternative yang disediakan selama masa pandemi untuk membantu mahasiswa/i yang kesulitan mencari magang.

Materi dari Expo Enrichment Program dibawakan oleh tujuh narasumber dari Teknik Industri 2017 yang mewakili program-program yang terdapat pada enrichment tersebut. Program Alternative yang dibawakan oleh Nadhifa Rostyana dan Rafael Oktavianus, Program Interinship yang dibawakan oleh Refano Eka Velnando, Brian Satrio Brahmantio, dan Vianni Aurelia, dan yang terakhir Program Research yang dibawakan oleh Ferensius Axel Oscar Reynaldi dan Afifah Septia Ningrum. Expo ini diadakan pada Senin, 15 Maret 2021 pukul 19.15 WIB sampai pukul 21.00 WIB yang dipandu oleh Yosua Natanael Tantio dan Phricilia Sherren Sukardi sebagai MC dan dihadiri oleh 90 peserta Teknik Industri 2018.

Expo Enrichment Program dimulai dengan pengenalan oleh MC dan masing-masing narasumber dari setiap program. Acara dilanjutkan dengan sesi talkshow yang membahas masing-masing program enrichment, dimulai dari Research, Alternative, dan Internship oleh panduan dari MC. Penjelasan narasumber dari masing-masing setiap program memberikan informasi seputar pekerjaan, proses persiapan, suka, dan duka apa saja yang akan dilalui saat memilih masing-masing program enrichment tersebut. Setelah melakukan sharing pengalaman pada sesi talkshow, MC membuka sesi tanya jawab kepada seluruh partisipan yang masih memiliki pertanyaan seputar track yang akan diambil ke depannya. Expo Enrichment Program ditutup dengan sesi dokumentasi bersama seluruh peserta dan narasumber. Expo Enrichment Program diharapkan memberikan insight bagi mahasiswa/i Teknik Industri BINUS University dan membantu proses pemilihan program yang akan diambil pada semester yang akan datang.

Sumber: Poster Enrichment Program Expo 2021

Sumber: Dokumentasi Enrichment Program Expo 2021

Sumber: Dokumentasi Enrichment Program Expo 2021

Sumber: Dokumentasi Enrichment Program Expo 2021

Materi dari Expo Industrial Stream dibawakan oleh delapan narasumber dari Teknik Industri 2018 yang mewakili setiap stream peminatan yang akan diambil oleh mahasiswa/i Teknik Industri BINUS University Angkatan 2019. Stream Manufaktur yang dibawakan oleh Raissa Shafira dan Abiyyu Aribi Braza, Stream Service yang dibawakan oleh Idham Riandhika dan Millenov Longgeta, dan yang terakhir Stream Supply Chain Management yang dibagi menjadi dua berdasarkan elective course, E-SCM dibawakan oleh Patricya Christine dan Ghrislane Ribkaswari, SCM-Nego dibawakan oleh Lisa Riandi dan Felix Juwono. Expo ini diadakan pada Senin, 22 Maret 2021 pada pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB yang dipandu oleh Rizky Oktavianus dan Cecillia Amanda sebagai MC dan dihadiri oleh 113 peserta Teknik Industri 2019.

Sumber: Poster Industrial Stream Expo 2021

Expo Industrial Stream dimulai dengan pengenalan oleh MC dan masing-masing narasumber setiap stream. Acara dilanjutkan dengan sesi talkshow dari masing-masing stream yang diawali dari Stream Manufaktur, Stream Service, dan ditutup dengan Stream SCM. Penjelasan dari masing-masing narasumber setiap stream memberikan informasi seputar mata kuliah, proses persiapan, suka, dan duka apa saja yang akan dilalui saat mengambil masing-masing stream tersebut. Para pembicara juga memberikan tips saat menjalani perkuliahan dan menjelang pemilihan stream sesuai dengan minat dan bakat masing-masing individu. Setelah berakhirnya sesi talkshow, MC membuka sesi tanya jawab kepada seluruh partisipan yang masih memiliki pertanyaan seputar stream yang akan diambil ke depannya. Expo Industrial Stream ditutup dengan sesi dokumentasi Bersama seluruh peserta dan narasumber. Expo Industrial Stream diharapkan memberikan insight bagi mahasiswa/i Teknik Industri BINUS University seputar stream yang akan diambil pada semester mendatang. Expo Industrial Stream diharapkan memberikan insight bagi mahasiswa/i Teknik Industri BINUS University dan membantu proses pemilihan stream yang akan diambil pada semester yang akan datang.

Sumber: Dokumentasi Industrial Stream Expo 2021

Sumber: Dokumentasi Industrial Stream Expo 2021

Sumber: Dokumentasi Industrial Stream Expo 2021

Sumber: Dokumentasi Industrial Stream Expo 2021