Pengaruh Sosial Media Terhadap Dunia Industri

Pengaruh Sosial Media Terhadap Dunia Industri

Sumber: https://cdn-image.hipwee.com/wp-content/uploads/2017/12/hipwee-blog-image-stop-interrupting_-how-to-grab-customers_-attention-in-the-social-age-728×422.jpg

Vaness Devlin

2440063776

 

Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Salah satu teknologi yang memberi kita banyak manfaat adalah media sosial. Media sosial memungkinkan kita untuk berkomunikasi dari jarak yang jauh tanpa adanya kekangan waktu dengan bantuan internet. Menurut data yang diperoleh dari “Kompas”, pengguna aktif sosial media bertambah 27 juta orang yang sekarang menjadi 202,6 juta. Jika kita kaitkan dengan perkembangan industri, apakah perkembangan industri mendapat dampak dari peran media sosial yang terus berkembang?

Seperti yang kita ketahui, media sosial memiliki banyak sekali manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari-hari kita. Salah satunya adalah kita dapat memperoleh informasi dari media sosial dengan cara melihat posting-an banyak orang. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk mereka berupa barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Banyak perusahaan memasang iklan di berbagai platform media sosial. Media sosial yang digunakan antara lain adalah Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Youtube, dll. Namun, pasti muncul pertanyaan “Apakah cara tersebut efektif dalam mempromosikan produk perusahaan tersebut?”

Hal itu kembali lagi pada sisi perusahaan yang memasang iklan. Perusahaan industri tersebut harus menetapkan target pasar yang tepat untuk produknya. Tanpa target yang jelas, maka iklan yang dipasang tidak akan efektif. Sosial media memungkinkan melakukan penyesuaian konten dengan pengguna-penggunanya. Hal ini dikarenakan sosial media memiliki kemampuan penargetan yang canggih. Penargetan tersebut didasari oleh riwayat pencarian, lokasi pengguna, web yang sering dikunjungi, dll.

Jika kita tinjau dari pengguna sosial media yang tergolong sangat banyak, maka memasang iklan di sosial media tergolong sangatlah efektif. Banyak perusahaan industri yang sukses memanfaatkan sosial media dengan baik. Salah satunya perusahaan industri kuliner yang dimana industri tersebut menjadi salah satu penopang yang cukup kuat di industri kreatif. Industri kuliner pun akan terus berkembang karena bantuan dari media sosial dalam mempromosikan produknya.

Oleh karena itu, peran sosial media dalam perkembangan industri tidak dapat kita pandang sebelah mata karena sosial media memberikan dampak yang sangat besar bagi industri-industri yang ada. Sosial media dapat membantu dalam mengembangkan bisnis-bisnis di dunia industri yang memiliki potensi untuk maju. Maka, manfaatkanlah sosial media dengan baik untuk mengembangkan bisnis industri dan memajukan industri-industri yang ada di Indonesia.

 

Sumber :

Jurnal, 8 Alasan Mengapa Social Media Marketing Dibutuhkan UKM, https://www.jurnal.id/id/blog/social-media-marketing-ukm/, diakses pada tanggal 8 April 2021

Stephanie, J, 2021, Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial, https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial, diakses pada tanggal 8 April 2021

Agmasari, S, 2018, Industri Kuliner, Penopang Tertinggi Perekonomian Kreatif di Indonesia, https://travel.kompas.com/read/2018/02/06/185000027/industri-kuliner-penopang-tertinggi-perekonomian-kreatif-di-indonesia, diakses pada tanggal 8 April 2021

Vaness Devlin