PENGABDIAN PADA MASYARAKAT 2019

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI) telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) 2019 dengan tema “Buy Less.Choose Well.Make it Last”. PPM 2019 dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu tanggal 18 Juni, 23 Juli, 28 Juli, 4 Agustus, dan 18 Agustus 2019. Pertemuan 1 dan 2 diisi dengan persiapan, seperti membuat aksesoris yang dibutuhkan untuk kegiatan hari H dan surat izin untuk melakukan kegiatan PPM, sedangkan sisanya dilakukan untuk melakukan kegiatan kampanye.

            Sumber Gambar: Dokumentasi PPM 2019

PPM 2019 kali ini cukup berbeda karena dilakukan di area Car Free Day(CFD). Area CFD tersebut meliputi Plaza UOB, Halte Busway Tosari, Menara BCA, dan Bundaran HI. Kegiatan yang dilakukan yaitu berupa kampanye tentang “No Plastic Bag”, bahaya “Fast Fashion”, dan “No More Plastic Straws”. Kampanye dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan berbeda-beda materinya. Kampanye dilakukan dengan berkeliling di rute CFD sambil mempromosikan gerakan-gerakan tersebut. Selain itu, kami juga menghampiri masyarakat untuk menukar sampah plastiknya dengan merchandiseyang sudah disediakan, yaitu tote bagbelanja dan stainless steel straw, kemudian kami memberikan beberapa pertanyaan seputar bahaya sampah plastik. Pada kampanye tentang bahaya “Fast Fashion”, selain melakukan pawai dengan berkeliling rute CFD kami juga mengadakan penukaran sampah plastik dengan pakaian. Sampah-sampah plastik yang sudah dikumpulkan pada saat kampanye dibawa ke TPS 3R Rawasari untuk diolah kembali, sehingga dapat lebih bermanfaat lagi.

            Sumber Gambar: Dokumentasi PPM 2019

Antusias masyarakat pada saat kegiatan tersebut baik, sehingga diharapkan kegiatan PPM 2019 ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya sampah plastik dan fast fashion, sehingga dapat mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kegiatan sehari-hari.

           Sumber Gambar: Dokumentasi PPM 2019

                                              Sumber Gambar: Dokumentasi PPM 2019