Starlink : Provider Canggih Masa Kini Apakah Provider Lokal Akan Terancam?

Starlink, salah satu layanan internet milik SpaceX, sebuah perusahaan penerbangan luar angkasa milik Elon Musk akhir-akhir ini sangat menarik perhatian banyak orang. Kabar mengenai kedatangan Starlink di Indonesia sudah ada dari tahun lalu. Layanan internet dari Starlink disalurkan kepada pengguna menggunakan satelit luar angkasa yang dikembangkan dan dimiliki oleh SpaceX. Dengan kedatangan Starlink ini tentu membuat beberapa orang bertanya-tanya apakah penyedia layanan internet lokal nasional akan terancam?

Kedatangan Starlink di Indonesia tidak akan mudah untuk mengancam penyedia layanan internet lokal di Indonesia. Pasalnya, rata-rata pengguna internet di Indonesia menginginkan kecepatan internet yang mereka terima itu kencang dan stabil. Hal ini sendiri menjadi tantangan bagi beberapa penyedia layanan internet, dikarenakan semakin banyak pengguna yang bertambah. Dilansir dari https://teknologi.bisnis.com, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, menuturkan bahwa peningkatan layanan internet Indonesia tidak hanya bisa mengandalkan satelit Starlink. Terlebih, kecepatan internet di Indonesia memang masih kurang dibandingkan kawasan Asia Tenggara.

Sumber foto : https://depositphotos.com/id/photos/starlink.html

            Walaupun kecepatan internet Starlink untuk saat ini tidak bisa melebihi kecepatan internet fiber, tetapi Starlink akan relatif stabil terhadap cuaca buruk dikarenakan banyaknya satelit Starlink. Jika terjadi keterbatasan jarak pandang ke satu satelit, antena pengguna Starlink akan secara otomatis bisa langsung terhubung ke satelit lainnya.

Dengan sekian banyaknya kekurangan dan kelebihan yang nanti akan ditawarkan Starlink, bisa dipastikan bahwa untuk sekarang provider lokal akan menjadi pilihan yang akan dipilih banyak orang di Indonesia sebagai solusi alternatif dibandingkan Starlink. Baik dalam ketersediaan dan kecepatan internet.

Giovanni Lantiunga