Noland Arbaugh: Pasien Uji Coba Pertama Chip Otak Revolusioner Neuralink

Dalam lompatan revolusioner bagi ilmu kedokteran dan teknologi, Noland Arbaugh, seorang mantan atlet berusia 29 tahun, telah menjadi pasien uji coba pertama untuk Neuralink, ciptaan pengusaha visioner Elon Musk. Perjalanan Arbaugh dari kelumpuhan hingga bermain catur dengan pikirannya adalah sesuatu yang patut diperhatikan.

Kecelakaan yang Mengubah Segalanya

Hidup Arbaugh berubah tak terduga delapan tahun lalu saat summer camp. Arbaugh yang saat itu merupakan seorang konselor camp untuk anak-anak, mengalami kecelakaan yang membuatnya quadriplegic. Lumpuh dari bahu ke bawah, Arbaugh menghadapi tantangan besar dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, dia tidak tahu bahwa suatu saat nanti akan terjadi sesuatu yang luar biasa.

Noland Arbaugh sebelum mengalami kecelakaan (Sumber: facebook.com)

Panggilan Telepon yang Mengubah Nasib

Semuanya dimulai dengan telepon mabuk dari seorang teman. Panggilan itu membuat Arbaugh menjadi pasien nol(pertama) Neuralink. Dalam waktu lima bulan, dia menjalani operasi untuk menerima implan chip otak Neuralink. Keajaiban sibernetika ini berjanji akan mengembalikan kemampuannya berinteraksi dengan dunia hanya dengan pikirannya.

Bermain Catur dengan Pikiran

Dalam siaran langsung baru-baru ini, Arbaugh membuat penonton terkagum dengan bermain catur online menggunakan perangkat Neuralink. Tanpa alat fisik, dia memindahkan kursor di layar, mengendalikannya hanya dengan pikirannya. Arbaugh menggambarkan pengalaman ini seperti “using the force.” Bagi seseorang yang lumpuh selama bertahun-tahun, kemampuan baru ini sungguh ajaib.

Noland Arbaugh bermain catur menggunakan neuralink (Sumber: People.com)

Gamer Antusias Menemukan Harapan

Arbaugh, seorang penduduk asli Arizona dan mantan mahasiswa atlet di Texas A&M, adalah seorang gamer antusias sebelum kecelakaannya. Implan Neuralink menghidupkan kembali gairahnya. Dia menghabiskan delapan jam berturut-turut bermain Civilization 6, sebuah permainan yang dulu dia tinggalkan karena keterbatasan fisiknya. Kegembiraan Arbaugh terasa ketika dia berkata, “Kalian semua memberi saya kemampuan itu lagi.”

Jalan ke Depan

Meskipun operasi Arbaugh berhasil, dia menyadari bahwa teknologi ini belum sempurna. Masih ada masalah yang harus dipecahkan, tetapi dampaknya pada hidupnya sangat besar. “Ini sudah mengubah hidup saya,” tegasnya selama siaran langsung. Elon Musk sendiri memuji kemajuan Arbaugh, mencatat deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan.

Brain-computer interface (BCI) Neuralink bertujuan memberdayakan individu yang lumpuh dengan memungkinkan mereka mengendalikan komputer dan perangkat hanya melalui impuls saraf. Perjalanan Arbaugh mewakili harapan bagi banyak orang yang menghadapi tantangan serupa.

Saat Noland Arbaugh terus menantang batas, dunia menyaksikan dengan antisipasi. Masa depan antarmuka otak-mesin sedang terbentang di depan mata kita, dan Arbaugh berada di garis depan revolusi luar biasa ini.

Referensi:

ABC News. (2024, March 21). First patient of Elon Musk’s brain chip implant shown playing online chess with his mind. https://www.abc.net.au/news/2024-03-21/first-neuralink-patient-livestreams-himself-using-brain-chip/103617606

Meet Noland Arbaugh, Neuralink’s first human trial patient. TimesNow. (2024, March 21). https://www.timesnownews.com/world/us/us-news/meet-noland-arbaugh-neuralinks-first-human-trial-patient-article-108661409

Al-Arshani, S. (2024, March 22). Video shows first Neuralink brain chip patient playing chess by moving cursor with thoughts. USA Today. https://www.usatoday.com/story/tech/news/2024/03/22/neuralink-brain-chip-patient-noland-arbaugh/73064257007/

Nikki Main Science Reporter For Dailymail.Com. (2024, April 1). How a drunk dial from a friend led to paralyzed man becoming Neuralink’s patient zero – five months later he is playing Mario Kart with his mind. Daily Mail Online. https://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-13245947/neuralink-patient-zero-paralyzed-man-elon-musk.html

MSN. (n.d.). https://www.msn.com/en-us/health/other/who-is-neuralinks-first-ever-human-trial-patient-former-athlete-noland-arbaugh-29-was-left-paralyzed-after-a-diving-accident-at-a-childrens-camp-eight-years-ago/ar-BB1khw19