Perkembangan Teknologi dalam Dunia Game

 

 

 

 

Perkembangan Teknologi dalam Dunia Game

Virtual Reality.(6/12).Sumber: shintavr.com

Pernahkah kita berpikir, apa yang membuat dunia kita ini menjadi semakin canggih dan juga semakin modern? Berbagai informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah dan berbagai macam kegiatan yang rumit dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.  Kemajuan informasi dan komunikasi ini merupakan peran dari teknologi yang membantu kita dalam memudahkan berbagai aktivitas kita. Teknologi merupakan hal yang tidak asing bagi kita sebagai generasi milenial.  Teknologi sendiri menurut Seattler (2004) adalah pengetahuan praktis tersistematis untuk meningkatkan produksi barang dan jasa lalu diwujudkan dalam kemampuan yang produktif, organisasi atau mekanikal, berdasarkan riset dan teori ilmiah. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi pada seluruh dunia menjadi semakin terasa. Perkembangan teknologi yang kian pesat melahirkan perangkat-perangkat baru yang mampu untuk penambahan wawasan bagi seluruh individu ataupun kelompok.  Perkembangan ini juga meliput sarana transportasi, informasi, komunikasi dan bahkan game. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana perkembangan game pada saat ini dengan adanya teknologi.

 

Apa itu game? game adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk menghibur. Banyak anak-anak bahkan orang dewasa memainkan game seperti PUBG dan juga Mobile Legends untuk menghilangkan rasa bosan dan penat setelah sekolah ataupun bekerja. Nah game itu sendiri tidak langsung terbentuk seperti yang kita tau saat ini. Game yang pertama kali ada yaitu Tic Tac Toe yang diciptakan oleh A.S Douglas. Tic Tac Toe sendiri merupakan sebuah permainan sederhana yang mana pemain akan dinyata menang jika mereka berhasil mengisi 3 kolom dengan simbol yang sama secara horizontal maupun vertikal. Berbagai variasi permainan mulai diperkenalkan setelah munculnya permainan Tic Tac Toe seperti Play Station dan yang paling terbaru yaitu Virtual Reality.  Konsep dari Virtual Reality ini mulai banyak digali potensinya dan digunakan oleh industri game pada tahun 1990-an.

Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi yang menciptakan pengalaman interaktif dan imersif bagi pengguna di dalam lingkungan simulasi. Pemanfaatan VR dalam dunia game membuat para pemainnya bisa merasakan sensasi bermain yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya. Selain itu, VR bisa meningkatkan pengalaman permainan yang jauh lebih nyata karena pemain dapat berinteraksi secara langsung dalam permainanya itu. Permainan dalam VR juga sangat bervariasi, contohnya seperti permainan horror ataupun permainan sports yang bisa kita mainkan secara daring, kita tidak perlu menyediakan tempat yang luas dan cukup memiliki VR saja kita sudah bisa memainkan semua jenis permainan dengan pengalaman bermain yang pastinya berkesan.Keberadaan VR membuat kita bisa bermain game dan berolahraga sekaligus karena permainan dalam VR menuntut kita untuk banyak bergerak dan bisa bermain di rumah saja tanpa perlu bertemu dengan orang secara langsung untuk bisa bermain bersama di dunia virtual. Kenapa VR bisa menirukan pergerakan kita dan mengimplementasikan ke dalam permainan? Nah jawabannya adalah motion sensor. 

Motion sensor sendiri adalah teknologi yang dapat mendeteksi gerakan fisik dari pemain dan mengintegrasikannya   dengan   perangkat   dan   lingkungan   sekitarnya. Secara sederhana, motion sensor ini bisa membaca pergerakan dari kita dan mampu untuk mengaplikasikan pergerakan kita ke dalam permainan. Jadi, dengan adanya motion sensor ini, VR yang kita gunakan bisa membaca dan menginterpretasikan setiap gerakan pemain. Dengan demikian, pemain dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan virtual, dan memberikan pengalaman sentuhan realitas yang lebih tinggi.

Teknologi adalah ilmu yang akan terus berkembang. Seluruh aspek dalam kehidupan kita ini terpengaruhi oleh berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi sehingga sangat memudahkan kita dalam segala bidang, termasuk perkembangan game. Seiring dengan berkembangnya zaman dan juga ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), teknologi akan terus mempengaruhi dan membentuk industri game menjadi lebih modern dari yang awalnya hanya game simpel yang kemudian berkembang menjadi semakin kompleks dan nyata. Salah satu bentuk dari berkembangnya game ialah lahirnya VR yang menggunakan teknologi motion sensor memberikan para pemain pengalaman yang lebih imersif. Perkembangan teknologi yang tidak pernah berhenti akan terus menciptakan inovasi-inovasi yang lebih menakjubkan serta menarik di industri game ini.

 

 

 

 

Referensi:

  1. Oktaviani, Limya.(2023). Apa itu Teknologi? Simak Pengertian dan Manfaatnya Berikut.Diakses pada tanggal 6 Desember 2023 dari https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-teknologi-simak-pengertian-dan-manfaatnya-berikut/.
  2. Akbar.(2021). Pengertian Game dan Jenisnya.Diakses pada tanggal 6 Desember 2023 dari https://akbarproject.com/pengertian-game-dan-jenis-jenisnya/#google_vignette.
  3. Arifin, Syamsul.(2023). Mengenal Virtual Reality (VR): Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya.Diakses pada tanggal 6 Desember 2023 dari https://www.gamelab.id/news/2514-mengenal-virtual-reality-vr-pengertian-jenis-dan-cara-kerjanya.
  4. Wulandari, Sekar, A.(2022). SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAMEDARI AWAL HINGGA SEKARANG.Diakses pada tanggal 6 Desember 2023 dari https://www.studocu.com/id/document/universitas-gunadarma/pengantar-teknologi-game/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game-dari-awal-hingga-sekarang/45002817.