Pengaruh Teknologi Dalam Kehidupan

Oleh : Rionaldo Aureri Linggautama

Pada era globalisasi seperti yang terjadi pada saat ini, teknologi sudah menjadi salah satu unsur bagian dalam kehidupan. Dimana seperti yang kita tahu bahwa kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini memang memberikan dampak yang sangat berarti kepada pola hidup manusia.

Saya sebagai mahasiswa Teknik Informatika senantiasa mendukung dan turut mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memudahkan pekerjaan dan memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum pengertian dari Teknik Informatika adalah suatu teknologi atau merupakan suatu sarana yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk mengambil keputusan.

Pengaruh dari kemajuan teknologi, khususnya dari kemajuan teknologi informasi terbagi mejadi dua macam, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Semua itu kembali lagi pada cara manusia itu sendiri untuk berfikir dan bagaimana dia memanfaatkan kemajuan Teknik Informatika (TI), apakah untuk sesuatu yang bersifat membangun dan bermanfaat (positif) atau untuk hal-hal yang tergolong salah atu kearah negatif.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus meningkat seiring kebutuhan manusia. Dengan berkembang dan majunya TIK pekerjaan dan masalah-masalah yang kita hadapi jadi lebih mudah diselesaikan, tetapi menurut saya, perkembangan  dan penggunaan TIK dalam kehidupan sehari hari itu seperti peribahasa “api kecil jadi kawan, jika besar menjadi lawan”. Karena jika perkembangan dan penggunaan TIK diterapkan secara tepat dan benar, maka akan menimbulkan dampak positif yang sangat berguna bagi manusia. Tetapi, jika penerapanya salah atau terlalu  berlebihan, maka dapat menimbulkan dampak negatif.

Berikut contoh dampak positif dari perkembangan dan penggunaan TIK :

  • Pada zaman dahulu, jika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain harus menggunakan surat yang dikirim melalui pos. Tetapi, zaman sekarang kita hanya tinggal menggunakan dunia maya. Contoh : sms,line,Whatsapp, Blackberry Messenger, dsb.
  • Dulu untuk menghitung, kita menggunakan cara manual, lalu berkembang dengan menggunakan sempoa, dan sekarang menggunakan kalkulator.
  • Dulu untuk melakukan transaksi jual beli (berdagang) kita harus datang ke tempat, tetapi sekarang, kita dapat menggunakan media online, kita tidak perlu bertemu Face-to-Face antara penjual dan pembeli.

Tak kalah pentingnya, harus juga diperhatikan dampak negatif dari perkembangan dan penggunaan TIK.

Berkut beberapa contoh dampak negatif dari perkembangan dan penggunaan TIK :

  • Kebergantungan terhadap teknologi, misalkan handphone, dan itu dapat menimbulkan radiasi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh
  • Kecanduan akan dunia maya dapat membuat manusia menjadi pasif dalam dunia nyata. “orang yang aktif dan jago berkomunikasi di dunia maya, belum tentu dapat berkomunikasi di dunia nyata sebaik ia berkomunikasi melalui dunia maya”.
  • Terbiasanya penggunaan teknologi dapat membuat kita malas dan dapat mengurangi daya kemampuan diri kita. Contoh : dalam berhitung, orang yang selalu menggunakan kalkulator dalam menghitung akan kalah kemampuan berhitungnya dengan orang yang jarang menggunakan kalkulator.
  • Dapat menimbulkan tindakan kejahatan. Contohnya : saat kita membeli barang melalui media online, terkadang barang yang sampai belum tentu sama dengan apa yang kita pesan (yang diiklankan oleh penjual).

Resource:

https://blingjamong.wordpress.com/2013/11/18/1-1dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bidang-pendidikan-pemerintah-dan-ekonomi

http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi