Selamat Tinggal Blogger, Selamat Datang Promot Writer

(source: https://miro.medium.com/v2/resize:fit:828/0*luQXCAODiUeLswvD)

Chatgpt menjadi salah satu pendobrak berkembangnya AI dan buah bibir masyarakat terutama anak anak sekolah dari sd sampai yang bekerja sekalipun. Canggihnya AI menjadi salah satu tanda akan gugurnya profesi lama seperti blogger, tetapi dibalik itu lahirlah profesi lainnya yang dibantu dengan AI salah satunya adalah Prompt Writer.

Prompt Writer ini bertujuan untuk kita berkomunikasi dengan AI sehingga menghasilkan output yang sesuai. Meskipun tidak sadar kita sering berkomunikasi dengan AI seperti Chatgpt untuk membantu pekerjaan sekolah.

Chatgpt sendiri merupakan AI yang dapat melakukan apa yang kita inginkan hanya dengan memberikan perintah melalui writing yang kita buat. Tentunya output yang diberikan berbeda sesuai dengan perintah tiap orang. Semakin kompleksitas dan lengkap perintah yang kita berikan maka semakin bagus dan sesuai output yang diberikan.

Prompt writer tidak hanya berlaku pada chatgpt, bisa dengan web AI lainnya seperti leonardo ai yang memberikan output berupa gambar. Salah satu tipsnya adalah memberikan Prompt yang lengkap sehingga gambar lebih spesifik dan tepat sasaran.

Profesi bernama Prompt Writer ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dapat dipelajari lewat searching online seperti bagaimana membuat prompt yang sesuai kita inginkan. Gaji prompt writer ini sangatlah fantastis seperti halnya dalam situs freelance terdapat pemula sekitar $10-$30 per jam, level menengah sekitar $30-%50 per jam, dan tingkat ahli sekitar $50-$100 per jamnya. Tentunya gaji ini dapat berubah tiap waktu dan berbeda sesuai dengan tingkat kesusahan dan panjang proyek. Tetapi dengan majunya AI berbanding lurus dengan gaji yang diberikan.

Maka dari itu pekerjaan Prompt Writer bisa menjadi upgrade an dari pekerjaan blogger sebelumnya. Di mana sekarang Prompt Writer tidak hanya menghasilkan data-data atau kalimat yang kita butuhkan, tetapi dapat membuat karya seni berupa gambar sekalipun melewati leonardo ai dan masih banyak website lainnya. 

Perkembangan AI yang semakin maju ini membawa harapan dan peluang baru bagi para profesional di bidang Prompt Writing. Diharapkan, kehadiran Prompt Writer dapat memperkaya dan memajukan industri AI serta memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.