COMPANY VISIT 2022 : Prepare Your Internship with ITBCA 2022

Tepat pada tanggal 6 Desember 2022 HIMTI Bina Nusantara mengadakan Company Visit dengan mendatangi salah satu kantor bank swasta terbesar di Indonesia, yaitu BCA, yang terletak di BSD Foresta. Tema Company Visit tahun ini adalah Prepare Your Internship With IT BCA 2022, dengan bertujuan untuk mempersiapkan diri untuk internship bersama BCA dan mengenal lowongan apa saja yang dibuka untuk internship serta jobdesknya. 

Company Visit kali ini diprioritaskan untuk mahasiswa semester 5 yang akan melakukan internship nantinya. Mahasiswa yang mengikuti Company Visit tahun ini sekitar 50 orang dari region Kemanggisan dan Alam Sutera. Seluruh panitia dan peserta pergi menuju gedung BCA menggunakan bis dari kampus, yang pastinya seru banget.

Sampai di gedung BCA, HIMTI disambut dengan hangat oleh kakak-kakak BCA yang akan mengisi dan mengatur seluruh acara Company Visit. Sebelum masuk gedung pastinya kita harus menaati protokol yang telah ditentukan oleh BCA yaitu dengan scan pedulilindungi dan antigen satu hari sebelum acara dimulai.

Acara Company Visit diawali dengan sambutan, dilanjut dengan sesi tour BCA mulai dari tempat kerja karyawan, tempat rapat, focus room, kantin, dan yang paling menarik adalah tempat untuk healing, dari tempat band, tempat main game seperti PS4 dan lain-lain, pokoknya keren abiss. Setelah sesi tour berakhir dilanjut dengan sesi kedua, yaitu sesi life sharing at IT BCA.

Pada sesi life sharing at IT BCA, kita tau nih keseharian yang bakal dilakuin kalau internship di IT BCA. Tidak diharuskan untuk masuk di jam tertentu, namun IT BCA wajib melalui 8/9 jam kerja, dan 4 hari work from office 1 hari work from home, bukan hanya kerja coding kerja coding doang tapi IT BCA juga harus ada Work Life Balance. Dimana setiap pulang kerja para pegawai IT BCA mempunyai kegiatan bagi yang berminat, kalau bahasa akrabnya ekstrakurikuler, jadi ga bakal pusing banget karena ada kegiatan lainnya setelah kerja.

Masih di sesi life sharing at IT BCA, bukan hanya sharing mengenai keseharian sebagai IT BCA, tapi juga bagaimana cara apply internship di IT BCA serta proses yang akan dilewatinya. Yang pertama dengan apply di website karir BCA kemudian admin akan membaca CV yang telah dikirimkan, jika lulus maka akan mengikuti Online Psychological Test. Setelah lulus dalam tahap seleksi dan test maka akan dipanggil untuk interview. Yang harus disiapkan dalam interview adalah harus mengenal perusahaan dengan baik, mengisi form yang telah dikasih, latihan dengan maksimal, dan selalu mengecek email secara berkala, jangan sampai ketinggalan waktu untuk interview. Tahap terakhir yaitu Medical Check Up, setelah lulus tahap interview diharuskan untuk Medical Check Up.

Sebelum melanjutkan sesi ketiga, ada break makan siang dulu. Di break makan siang ini kita berkesempatan untuk makan di tempat santainya IT BCA loh hihi, bukan cuman buat makan saja, tapi juga dapat merasakan main di dalam kantor IT BCA, seperti main PS4, naik ayunan dan lain lain. Sebelum masuk ke sesi ketiga, ada ice breaking dulu biar seger yaitu senam pinguin yang dipimpin oleh kakak dari BCA dan 4 dari teman kita.

Lanjut sesi ketiga yaitu sharing development. Di sesi ini dijelaskan mengenai team development yang ada di IT BCA, dan pekerjaan apa saja yang dilakukan di setiap timnya. Bukan hanya itu saja, di sesi ini juga mengenal flow flow dari pembayaran melalui QRIS, virtual account dan lainnya. Sebelum lanjut ke sesi terakhir yaitu sesi keempat ada ice breaking lagi, karena sudah berjalan sekitar satu jam pastinya ngantuk.

Setelah ice breaking berakhir lanjut lagi ke sesi terakhir. Disini dijelaskan mengenai Data Management, bagaimana sistem data di IT BCA dan menggunakan software apa saja untuk mengolah data data yang ada di BCA. Untuk kalian yang ingin melakukan internship di IT BCA langsung aja apply diri kalian di www.karir.bca.co.id

 

Daftar Pustaka:

Penulis: Alisha Azzahra Nurargyanti

Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra, Muhammad Ihsan Rafi Tribowo