Jurusan Streaming di BINUS @Bandung Ada Apa Saja?

Halo Binusian B25!! Ga kerasa yah, sebentar lagi kalian akan masuk pada tahap streaming & mobility program di Semester 4 nanti. Nah, salah satu penjurusan yang ada di BINUS @Bandung sendiri adalah program streaming Internet of Things! Jadi, ada apa saja sih yang akan kita pelajari di Internet of Things itu? yuk kita simak bareng-bareng!

IoT (Internet of Things) adalah teknologi yang memungkinkan satu objek untuk mampu berkirim data lewat koneksi tanpa bantuan komputer dan manusia. IoT bekerja dengan memanfaatkan instruksi pemrograman yang setiap perintahnya bisa menghasilkan interaksi ke sesama perangkat yang terhubung secara otomatis tanpa adanya intervensi pengguna, bahkan dalam jarak jauh sekali pun. Adapun faktor vital yang menjadi kelancaran perangkat IoT adalah jaringan internet yang menjadi connector antara sistem dan perangkat. Sementara, manusia dalam tahap ini hanya menjadi monitor untuk setiap perilaku perangkat saat mereka bekerja. 

Nah di IoT BINUS @Bandung, mata kuliah khusus yang akan kita ambil di Semester 4 adalah Embedded System, dimana kita diminta untuk membuat sistem terbenam menggunakan mikrokontroler, serta mengaplikasikan arduino menggunakan program tinkercad. Saat akhir semester 4, mata kuliah Embedded System ini diwajibkan untuk mengumpulkan secara fisik sebuah proyek berbasis mikrokontroler secara berkelompok. Nah, mata kuliah lain yang ada di IoT ini pasti mata kuliah yang dikhususkan untuk IoT itu sendiri dong, antara lain ada Multimedia & Mixed Reality, Mobile Programming, Computer vision in loT, IoT Development and Architecture, Cyber Security in loT. Jadi tunggu apalagi? yuk buruan pilih penjurusan yang kamu minati!


  • Penulis : Mario Indra Radityaputra
  • Editor : Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus