Jagat Nusantara: Metaverse Ibu Kota Nusantara  

Jagat Nusantara adalah platform dunia virtual pertama di Indonesia yang merupakan hasil kerja sama anak bangsa untuk menghadirkan ibu kota nusantara (IKN) dalam dunia virtual. Wishnutama Kusubandio, pendiri Jagat Nusantara, mengatakan bahwa Jagat Nusantara adalah platform media sosial masa depan serta platform yang dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas e-commerce, olahraga, dan juga hiburan untuk masa depan. Ia juga berharap Jagat Nusantara akan menjadi sebuah penghubung antara ekonomi digital dan ekonomi nyata.

Presiden Joko Widodo berhasil meluncurkan platform digital ini yang berbasis interaksi sosial di dunia virtual bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober 2022 di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta. Menurut Presiden Joko Widodo, Jagat Nusantara akan menjadi sebuah platform yang dapat menyediakan akses untuk berbagi ilmu dan membangun jaringan dengan orang-orang berbakat dan hebat dari seluruh Indonesia. Selain itu, Jagat Nusantara juga akan memberikan kesempatan untuk memamerkan dan memperkenalkan produk lokal untuk mendunia. 

Masyarakat dapat mengakses Jagat Nusantara melalui website dan aplikasi mobile. Melalui website atau aplikasi mobile ini, publik dapat membuat dan memodifikasi avatar sesuai dengan yang diinginkan dan memasuki dunia virtual untuk berinteraksi dan mengeksplorasi dunia tersebut dengan pengguna lain. Platform yang dapat digunakan secara gratis ini memberikan pengalaman metaverse IKN, memungkinkan pengguna untuk merasakan bagaimana mereka berada di IKN, terutama Point Zero sebagai pusat baru (Pusat Perkotaan) dan Istana Negara. Di platform ini,  pengguna dapat mengadakan pertemuan, rapat, menonton film secara bersama hingga mencoba pengalaman menyaksikan konser secara virtual. Selain itu, pengguna juga dapat mempresentasikan dan menampilkan karya digital dan mencoba interaksi imersif lainnya. 

Jagat Nusantara akan terus dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dari pengguna untuk meningkatkan kualitas dan membangun lebih banyak inovasi sebagai platform inklusif. Kedepannya Jagat Nusantara diharapkan akan memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia dan dapat membangun ruang dan interaksi baru yang diharapkan mampu membangun kreativitas dan inovasi masyarakat, khususnya generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. 

Daftar Pustaka


  • Penulis: Rania Pryanka Arazi
  • Editor: Muhammad Ihsan Rafi Tribowo, Axcel Deon Davelin Syahputra