Python menjadi Bahasa Pemrograman Paling Popular

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan dalam dunia teknologi, tidak heran jika banyak orang yang membuat bahasa pemrograman baik dari yang mudah hingga kompleks. Ada sekitar puluhan bahasa pemrograman yang digunakan hingga sekarang, sebagai contoh c++, java, PHP, visual basic dan yang akan kita bahas sekarang ialah Python. Meski tidak sepopuler bahasa pemrograman c++ atau Java, Python memiliki kelebihan  dalam memilih bahasa pemrograman untuk dipelajari. Python itu sendiri merupakan bahasa pemrograman resmi yang digunakan oleh perusahaan besar seperti Google.

Python sendiri dibuat pada tahun 1990 yang dicetuskan oleh Guido Van Rossum, Python sendiri termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan digunakan sehingga membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk mempelajarinya maupun menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan Python sendiri antara lain untuk mengolah data dan mendeploy model ke dalam website, IOT dan lain-lain, Python juga merupakan bahasa pemrograman yang bersifat dinamis sehingga dapat digunakan untuk membuat game online maupun offline, maintenance suatu website hingga mendirikan suatu aplikasi media sosial seperti Instagram, Spotify dan Youtube, dan banyak  perusahaan perusahaan besar yang melirik untuk menggunakan Python untuk mengembangkan platform mereka karena kelebihan dan fungsinya.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa python memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya popular, berikut adalah contoh kelebihan python:

  • Syntax yang digunakan sederhana

Python menggunakan bahasa sehari-hari yang membuat kita akan lebih cepat untuk mengerti bahasa pemrograman yang satu ini. Python tidak membutuhkan alat tertentu karena sudah menggunakan Flask yakni kerangka kerja mikro dalam penggunaannya

  • Memiliki sifat open source 

Python memiliki sistem pengembangan yang dapat dilakukan tidak hanya secara individu melainkan para pengguna yang bekerjasama dengan menggunakan source code dan tersedia juga secara bebas di internet.

  • Fleksibel

Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll.), termasuk untuk perangkat-perangkat selular.

Meskipun python memiliki beberapa kelebihan, python juga memiliki titik kelemahan yakni:

  • Memiliki kekurangan dalam dukungan multiprosesor

Multiprocessing merupakan salah satu bagian penting dalam penulisan atau pembuatan sebuah aplikasi. Meskipun python mendukung multiprocessing tetapi mungkin tidak  seperti bahasa lain yang begitu fleksibel sehingga terdapat kesusahan ketika menulis kode.

  • Kurang ideal untuk memory intensive task

Seperti yang diketahui, python merupakan bahasa yang fleksibel dalam tipe datanya sehingga menggunakan memori yang cukup tinggi maka kurang tepat untuk digunakan pada memory intensive task

  • Memiliki batasan dalam desain

Bahasa python ditulis secara dinamis sehingga memiliki batasan dalam segi desain. Untuk python lebih dibutuhkan lebih banyak waktu dalam sisi pengujian.

Dari segala kekurangan yang dimiliki bahasa python, masih banyak orang yang menggunakan bahasa python karena segala kekurangan ini masih bisa diatasi dan juga kelebihan python itu lebih banyak daripada kekurangannya sehingga dapat mempermudah para pengguna untuk menulis kode untuk aplikasi yang ingin mereka rancang.

Bahasa python memiliki gelar bahasa pemrograman paling populer saat ini berkat penggunaannya yang mudah serta dapat digunakan untuk membuat berbagai program yang dibutuhkan manusia. Dengan semua kelebihan yang dipunyai python tentu saja semua programmer harus tau tentang bahasa pemrograman yang satu ini! 

Nah tunggu apa lagi ayo kita belajar bahasa python!!

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Venicia Setiani, Vincent Philip
  • Editor: Axcel Deon, M. Ihsan Rafi