Hati – Hati ! Ini Dia Modus Terbaru Penipuan Kripto

Investasi aset uang kripto atau cryptocurrency menjadi pilihan bagi banyak orang karena dianggap menguntungkan dan juga lebih mudah. Mata uang kripto ini juga di gadang gadang akan sangat berguna di masa depan. Namun, banyak sekali modus modus penipuan yang kerap terjadi yang kerap mengancam dan pastinya merugikan. Baru – baru ini ditemukan modus terbaru yang ditemukan pada investasi mata uang kripto ini. Modus penipuan ini bernama Pig Butchering.

Pig Butchering atau potong babi ini merupakan sebuah modus penipuan terbaru, seperti Namanya modus penipuan ini diumpamakan sebagai peternak dan seekor babi dimana pelaku sebagai peternaknya dan korban sebagai seekor babi yang nantinya babi tersebut akan disembelih Ketika babi tersebut sudah gemuk. Pelaku penipuan biasanya menggunakan identitas palsu dan pelaku penipuan membangun persona sebagai orang yang kaya yang nantinya membuat korban dapat percaya. 

Cara kerja dari modus penipuan Pig Btuchering ini pastinya sudah sangat teorganisir yang membuat penipu dapat dengan mudah menipu korban. Cara kerjanya adalah sebagai berikut 

Penipu membuat identitas palsu

Penipu membuat identitas palsu dan sangat meyakinkan, seperti mengupload gaya hidup yang mewah serta memiliki foto foto yang dapat membangun persona supaya nantinya dapat dipercaya oleh korban.

Mencari target korban

Selanjutnya penipu akan mencari target dan memulai kontak dengan korban. Biasanya melalui sosial media untuk mempromosikan dan membangun kepercayaan terhadap korban

Penipu mengajak korban untuk berinvestasi

Setelah korban mempercayai penipu, korban lalu diminta untuk berinvestasi uang kripto di aplikasi palsu yang sudah disediakan oleh penipu dimana Ketika korban sudah berinvestasi maka uang investasi korban sepenuhnya sudah dikendalikan oleh penipu.

Membuat uang kripto korban bertambah dengan cepat

Untuk mendapatkan kepercayaan penuh oleh korban penipu membuat uang kripto korban bertambah dengan sangat cepat dan pastinya korban dapat menarik uang kripto tersebut kapan pun untuk membuktikan kepada korban bahwa aplikasi yang digunakan korban merupakan aplikasi yang terpercaya dan sah keberadaannya.

Penipu membuktikan bahwa investasi kripto itu sah

Ketika penipu sudah membuktikan aplikasi tersebut sah dan dapat dipercaya, penipu menawarkan tawaran yang pastinya menggiurkan korban sehingga korban yang sudah percaya tadi mau untuk berinvestasi mata uang kripto dengan jumlah yang lebih besar.

Penipu memutuskan hubungan dengan korban

Setelah berhasil membujuk korban untuk berinvestasi dengan jumlah yang sudah cukup besar selanjutnya penipu akan memutuskan hubungannya dengan korban dengan membawa semua uang yang sudah korban investasikan dengan berbagai macam cara seperti penipu membuat pasar uang kripto turun yang membuat korban rugi besar besaran sehingga uang yang diinvestasikan hilang begitu saja.

Penipu akan menghilang

Setelah berhasil membawa uang korban selanjutnya penipu tersebut akan menghilang serta aplikasi yang digunakan penipu tersebut juga bakal berhenti bekerja.

Kita harus berhati hati terhadap penipuan kripto terbaru ini dan ada baiknya kita harus mengetahui bagaimana modus ini biasanya dilakukan dan pastinya kita harus selalu berhati hati dengan cara sebagai berikut

  1. Biasanya penipu menghubungi korban melalui whatsaap atau media sosial lain dengan mengatasnamakan teman lama ataupun juga rekan lama oleh karena itu kita harus mengkonfirmasikannya ke teman tersebut secara langsung jangan langsung percaya begitu saja.
  2. Jangan pernah lupa untuk memverifikasi Kembali validitas setiap peluang investasi.
  3. Mewaspadai url maupun domain yang ada karena biasanya url asli dengan url yang palsu sangat mirip oleh karena itu kita harus lebih teliti Kembali.
  4. Gunakan aplikasi atau platform yang pastinya sudah resmi dan sudah diawasi oleh Lembaga resmi negara seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  5. Jangan mudah tergiur atas tawaran tawaran yang membuat uang kita dapat bertambah dengan cepat.
  6. Tidak mengunduh atau menggunakan aplikasi yang mencurigakan.

Daftar Pustaka


Penulis: Samdo Jumar Purba

Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra, Muhammad Ihsan Rafi Tribowo