Solusi Mengurangi Kecelakaan Kerja dengan Teknologi

Kecelakaan kerja merupakan hal yang harus dihindari dalam pekerjaan apalagi pekerjaan berat. Biasanya untuk pengecekan kelengkapan perlengkapan, presensi, dan K3 biasanya dilakukan oleh satpam dan petugas. Cara seperti ini membutuhkan sumber daya dan rawan terjadi kelalaian dalam pengecekan sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Widya Robotics merupakan perusahaan Indonesia yang menyediakan sebuah produk inovatif dan layanan berupa Artificial Intelegence,Automation, dan teknologi Robotics. Widya Robotics menciptakan Intelegence Gate dan RFID Gate yang mampu melakukan pengecakan sebelum memasuki lingkungan kerja dan diharapkan menunkan resiko adanya kecelakaan kerja. Produk ini sangat fleksibel dapat disesuaikan dengan ketentuan K3 perusahaan, contactless, dan import data dengan kapasitas tinggi.

Sepanjang Januari hingga September 2021 terdapat 82 ribu kasus kecelakaan kerja dan 179 ribu kasus penyakit akibat kerja yang 65 persennya disebabkan oleh COVID – 19 yang dicatat oleh BPJS. Data menunjukan bahwa usia muda 20 – 25 tahun merupakan kelompok usia terbanyak yang mengalami kecelakaan kerja.

Perusahaan memiliki tanggung jawab atas menjaga kesehatan dan keselamatan kerja. Perusahaan wajib memantau setiap pekerjaan agar keamanan setiap pekerja yang terlibat terjamin aman. Apalagi para pekerja yang berkaitan alat berat. Para pekerja dengan resiko seperti itu memerlukan perlengkapan keselamatan yang memadai. Terkadang para pekerja berat ini lupa menggunakan alat keselamat dengan lengkap. Tidak besar juga kemungkinan masuknya orang asing yang tidak diinginkan masuk bisa juga mengancam keamanan perusahaan.

Dengan adanya Intelegence Gate dan RFID Gate ini dapat membantu perusahaan menjaga keamanan dan keselamatan para pekerja. Intelegence Gate dan RFID Gate dapat secara otomatis melakukan pengecekan terhadap kelengkapan perlengkapan, temperatur tubuh, dan identifikasi wajah sebelum memasuki area pekerjaan. Jika seseorang tidak memenuhi syarat untuk masuk lingkungan pekerjaan maka pintunya tidak akan terbuka. Alat seperti ini diharapakan untuk mengurangi kecelakan dalam bekerja dan meningkatkan keamanan untuk perusahaan.

Daftar Pustaka


  • Penulis: Zidane
  • Editor: Fisalma Maradita