Yuk Intip Keseruan Community Service “Spread kindness from Home” Binus@Malang

Community service atau biasa disingkat “Comserv” merupakan kegiatan sosial yang dilakukan untuk membantu kegiatan-kegiatan sosial seperti mengajar, memberi bantuan berupa promosi, dan masih banyak lagi. Nah, pada bulan September sampai Oktober tahun ini HIMTI Binus@Malang mengadakan event comserv yang bertema “Spread Kindness from Home”. Tema tersebut berarti harapan agar setiap mahasiswa dapat tetap menebar kebaikan walaupun berada dirumah. Kalian penasaran engga acara community service kali ini ngapain aja sih? Daripada penasaran, yuk simak beberapa kegiatan event comserv yang baru saja selesai di awal bulan Oktober ini!

Kegiatan yang dilakukan pada comserv HIMTI binus@Malang adalah bimbel daring. Apa sih bimbel daring itu? Bimbel daring merupakan kegiatan mengajar adik kelas para peserta comserv sesuai dengan kesepakatan pembelajaran awal. Peserta comserv dapat memilih antara adik-adik dari jenjang SD sampai SMA atau sederajat. Pengajaran dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara peserta comserv dan adik kelasnya, dapat berupa materi apapun selama bisa membantu adik kelas yang diajarkannya.

Lalu, benefit apa aja sih yang didapat dari peserta comserv dan adik kelas yang diajarnya? Bagi peserta comserv tak hanya mendapatkan jam comserv saja, tetapi melatih skill komunikasi dan kerjasama tim yang baik. Sedangkan bagi adik kelas yang diajarnya bisa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam terhadap pelajaran yang mau diajarkan. Kegiatan comserv tersebut dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan dengan durasi minimal 100 menit per kelompok. Dalam comserv kali ini, terdapat dua kelompok yang masing-masing kelompok dibagi lagi menjadi dua tim.

Kelompok 1 melakukan comserv kepada sekolah SMA Kr Eben Haezar yang berlokasi di Manado dengan materi pembelajaran “Aljabar dan Kalkulus”. Pembelajaran dilakukan melalui Google Meet yang jadwalnya disesuaikan dengan ketersediaan waktu peserta. Adapun total adik kelas yang diajar oleh kelompok 1 berjumlah lima orang. Kelompok 2 melakukan comserv kepada sekolah SMAK Santo Yoseph Denpasar yang berlokasi di Denpasar dengan materi pembelajaran “Pembelajaran Bahasa Pemograman C Dasar”. Pembelajaran dilakukan melalui Google Meet yang jadwalnya disesuaikan juga. Untuk total adik kelas yang diajar oleh kelompok 2 berjumlah 18 orang.

Nah, gimana? Menarik kan acara comserv HIMTI Binus@Malang tahun ini. Selain mendapatkan jam comserv dapat pengalaman juga lho!!

Kita lihat juga yuk.. gambar-gambar keseruan acaranya.

  • Kelompok 1 Tim 1

  • Kelompok 1 Tim 2

  • Kelompok 2 Tim 1

  • Kelompok 2 Tim 2


  • Penulis : Cheryl Almeira
  • Editor : Marcello Yoel Christianus