Kenali Perbedaaan antara Data Analyst dan Data Science

Kenali Perbedaaan antara Data Analyst dan Data Science

Data Analyst dan Data Science merupakan salah satu bagian dari Big Data. Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai perbedaaan antara Data Analyst dan Data Science, yuk kita cari tahu apa itu Big Data!

Big Data merupakan sekumpulan data yang sangat besar dan kompleks. Big Data dapat mengolah data dalam jumlah yang besar sehingga untuk mengelola sejumlah data tersebut diperlukan adanya Data Analyst dan Data Science. Nah, apa sih perbedaan diantara keduanya? Yuk simak perbedaannya!

Data Analyst adalah seseorang yang meneliti dan menganalisis sebuah data untuk memecahkan masalah dengan menganalisis dari beberapa data yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Kemudian data tersebut diolah menjadi visualisasi data sehingga dapat diperoleh kesimpulannya.

Data Science adalah seseorang yang meneliti dan menganalisis sebuah data untuk dapat memprediksi masa depan menggunakan hasil data yang diolah dengan kombinasi matematika, statistik, dan machine learning sehingga menghasilkan pemodelan data tingkat lanjut dengan menggunakan prototipe, algoritma machine learning, dsb.

Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Data Analyst dan Data Science :

  Data Analyst Data Science
1. Data Warehousing Statistical & Analytical skills
2. Programming knowledge Data Mining
3. Statistical skills Machine Learning & Deep Learning
4. Data visualization Hadoop-based analytics
5. SQL Data optimization
6. Spread-Sheet knowledge Decision-making and soft skills

 

REFERENSI :

https://www.oracle.com/big-data/what-is-big-data/

https://www.upgrad.com/blog/data-science-vs-data-analytics/