3G 4G 5G itu apa sih?

Pernahkah kalian penasaran apa itu angka dan huruf yang berada di atas bar sinyal seperti 3G 4G 5G yang ada di hp dan perangkat yang setiap harinya kita gunakan? Apa sih gunanya angka dan huruf itu ditampilkan di atas bar signal di gadget yang kita miliki? Apa hubungan angka dan huruf tersebut dengan bar signal atau sinyal yang kita miliki di gadget yang kita gunakan? 

Jika kalian penasaran, yuk simak pembahasan terkait apa itu 3G 4G dan 5G pada alat elektronik yang kita miliki!

Sejarah:

Pertama-tama kita akan mulai pembahasan dengan mengetahui sejarah singkat dari sinyal atau kecepatan internet yang kita miliki pada perangkat elektronik kita:

Pada tahun 1969, sebuah organisasi teknologi di Amerika Serikat bernama ARPA (Advanced Research Project Agency Network) membuat internet atau jaringan komputer pertama kali yang awalnya dibuat hanya untuk kebutuhan militer negara AS saja. Setelah menyadari penemuan internet dapat membantu manusia dalam kehidupan di masa depan, teknologi ini akhirnya terus dikembangkan.

Setelah teknologi ini dikembangkan, pada tahun 1980 lahirlah generasi pertama dari jaringan internet atau internet networks yaitu 1G. Angka “1” di depan mewakili generasi ke berapa dari sebuah jaringan internet, lalu huruf “G” mewakili kata Generation atau kata generasi dari jaringan yang digunakan. 

Hal ini yang menunjukan bahwa sejak pertama kali internet lahir atau ditemukan pada tahun 1969, koneksi atau jaringan internet sudah berkembang pesat hingga telah melahirkan berbagai generasi jaringan baru dari 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G yang belum lama ini keluar dari generasi internet yang kita selama ini gunakan.

Apa yang membedakan mereka?

Tentunya seiring perkembangan generasi dan dalam topik ini yaitu generasi dari kecepatan internet itu sendiri. Berikut beberapa penjelasan tentang perbedaan dari setiap “Gs” atau generasi yang ada:

Jaringan 1G 

Pada Generasi pertama atau “1G” dimulai pada tahun 1980 dan disini jaringan yang ada masih hanya berupa sebuah suara atau voice serta layanan analog dengan kecepatan transmisi antar data yang hanya mencapai 2.4kbps

Jaringan 2G

Generasi kedua atau “2G” dimulai pada tahun 1991 di negara Finlandia. Disini jaringan internet yang ada sudah dapat memberikan telepon seluler sebuah jaringan untuk masuk ke dunia digital. Generasi ini memberikan kita kemampuan untuk membuat panggilan dan enkripsi teks seperti SMS dan pengiriman gambar dengan perkiraan kecepatan jaringan mencapai 50 kbps

Jaringan 3G

Dimulai pada tahun 1998, generasi ketiga atau “3G” sudah lebih berkembang dan memberikan kita kemampuan untuk melakukan panggilan tatap muka atau “Video Call” serta internet seluler atau “Mobile Internet”. Kecepatan rata-rata yang dimiliki jaringan internet di generasi ini sudah dapat mencapai 384 kbps dan dapat digunakan dengan stabil di saat berdiam diri di tempat maupun di saat kita bergerak dalam kendaraan.

Jaringan 4G

Generasi yang lahir di akhir tahun 2000 ini merupakan jaringan standar perangkat seluler yang kita gunakan sehari-hari dan memiliki kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya yaitu 3G. Pada generasi ini, kita sudah bisa mendapatkan jaringan TV dengan lebih lancar dan kualitas yang lebih tinggi, mendukung jaringan konferensi video, serta jaringan perangkat elektronik lainnya. Untuk kecepatan Internet di saat perangkat kita berdiam di satu tempat atau tidak bergerak dapat mencapai 100s mbps. Ketika bergerak atau dalam kendaraan, kecepatannya bisa mencapai 10s mbps yang menunjukan perkembangan yang cukup jauh dari generasi sebelumnya.

Jaringan 5G

Generasi yang diterapkan pertama kali di Swedia dan Norwegia pada tahun 2009 ini mulai muncul di Indonesia sejak mei 2021. Jaringan ini ratusan kali lebih cepat dibanding generasi sebelumnya yaitu 4G dengan latensi sekitar 10 milidetik. Jaringan 5G sendiri memberikan tiga opsi penggunaan spektrum yaitu low-band, mid-band, dan high-band. Kecepatan saat kita berada di spektrum rendah yaitu dibawah 1 GHz bisa memberikan kecepatan puncak sekitar 300Mbps, sedangkan di spektrum mid antara 1 GHz dan 6 GHz dapat memberikan kita  kecepatan puncak sekitar 1 Gbps, dan yang terakhir spektrum tinggi diatas 6 GHz memberikan kita kecepatan puncak di 10 Gbps. Kecepatan yang tinggi dan latency yang rendah mendukung penerapan pabrik pintar, VR/AR, mobil otonom, bahkan hingga operasi jarak jauh.

Manakah yang lebih baik?

Saat ini 5G menawarkan kita kecepatan internet tertinggi diantara yang lain, tetapi implementasi jaringan 5G di Indonesia baru dimulai sejak mei 2021 sehingga hanya operator tertentu yang menawarkan layanan jaringan 5G. Selain jaringan 5G, masih terdapat jaringan 4G yang sudah sangat cepat untuk mendukung pengalaman internet yang berat seperti konferensi video, streaming, dan lainnya. Oleh karena itu, saat ini 4G sudah bisa dikatakan memenuhi kebutuhan kita dalam berinternet walau 5G merupakan yang terbaik di kelasnya.

Demikian penjelasan tentang jaringan internet yang mungkin sebelumnya membuat kita penasaran. Melalui penjelasan tersebut kita sudah dapat lebih mengerti dan mendapat jawaban dari hal yang membuat kita penasaran yaitu apa itu 3G, 4G, dan 5G serta generasi lainnya sebelum mereka. Sekian dari artikel ini, nantikan artikel menarik lainnya seputar informasi tentang teknologi dari HIMTI Binus University! 

Daftar Pustaka:


  • Penulis: Nathan Sidharta, Bintang
  • Editor: Fisalma Maradita, Marcello Yoel