Berbagai Tren Teknologi Sedang Naik Daun di Tahun 2022

Teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat dan terus berevolusi mengikuti perkembangan kebutuhan manusia. Di mana dapat kita saksikan bersama setiap tahunnya selalu saja ada inovasi-inovasi teknologi terbaru yang mewarnai serta memudahkan kehidupan manusia mulai dari bidang medis, agrikultur, hiburan, dan masih banyak lagi.

Perkembangan teknologi tersebut tentunya tidak akan pernah berhenti karena sifat teknologi yang dinamis atau terus berjalan mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini merupakan beberapa tren teknologi yang sedang naik daun di Tahun 2022

  • Teknologi 5G

Hampir setiap sistem teknologi yang kita gunakan membutuhkan koneksi internet. Koneksi internet yang cepat memungkinkan kita untuk memaksimalkan potensi sistem teknologi. Selain itu, 63 persen penduduk di dunia telah menggunakan internet dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, Teknologi 5G merupakan teknologi yang sangat menjanjikan dan tentu memudahkan pekerjaan kita sehari hari.

Teknologi 5G di Indonesia saat ini sedang berada dalam tahap uji coba. Beberapa daerah di kota besar telah merasakan sinyal 5G. Sayangnya, 5G di Indonesia mengalami hambatan untuk menyebar ke seluruh daerah karena infrastruktur yang kurang memadai dan frekuensi yang tidak cocok. 

  • Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi yang kita saat ini rasakan merupakan hasil dari proses yang sangat panjang. Banyak komponen dalam teknologi yang menggunakan bahan tidak ramah lingkungan. Contohnya, kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel. Bahan bakar tersebut dihasilkan dari pengeboran minyak bumi di mana, pengeboran itu merusak lingkungan. Lalu, polusi yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel juga mencemari udara dan memicu terjadinya pemanasan global.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak inovasi yang dilakukan oleh manusia dengan cara menciptakan teknologi yang ramah lingkungan. Contohnya adalah kendaraan listrik. Kendaraan listrik diciptakan sebagai pengganti kendaraan yang berbahan bakar bensin atau diesel. Banyak pabrikan kendaraan seperti Hyundai dan Toyota telah memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan yang dikenal dengan EV dan PHEV. Dengan diperkenalkannya kendaraan ramah lingkungan ini, diharapkan dapat menggantikan kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel di masa depan.

  • Artificial Intelligence dan Machine Learning

Artificial Intelligence adalah sebuah bidang ilmu komputer yang digunakan khusus untuk memecahkan permasalahan kognitif yang berkaitan dengan kecerdasan manusia, seperti memecahkan masalah, pengenalan pola, dan lainnya. Salah satu cabang dari AI yaitu Machine Learning. Machine Learning sendiri merupakan sebuah sistem yang mengadaptasi kemampuan manusia dalam belajar berbagai hal yang bahkan tanpa kita sadari penggunaannya sudah sering hadir di kehidupan sehari.

Baik Artificial Intelligence maupun Machine Learning ini sudah memberikan pengaruh besar dalam perkembangan industri teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Tentu saja teknologi ini akan terus dipergunakan dan dikembangkan menjadi salah satu teknologi yang diprediksi akan  memberikan pengaruh besar dalam perkembangan industri teknologi kedepannya. 

  • Augmented Reality

Augmented Reality atau yang sering kita kenal dengan singkatan AR merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukan integrasi atau penggabungan antara konten komputer dengan dunia nyata secara real-time. Dalam penerapannya, AR membutuhkan kamera dan sensor sebagai alat yang dapat menangkap informasi, membutuhkan proyektor, dan membutuhkan alat refleksi atau cermin agar manusia dapat melihat gambar secara virtual.

Meskipun AR ini terlihat sebagai sesuatu yang hanya berada di masa depan, nyatanya teknologi ini bahkan sudah ada di kehidupan kita sehari-hari, contohnya game pokemon-go, filter-filter pada snapchat atau instagram, serta siaran cuaca pada sebuah acara TV.

  • Blockchain

Blockchain merupakan sebuah teknologi yang dapat menyimpan data secara digital dan saling terhubung antar perangkat. Bila dibayangkan, blockchain merupakan sebuah kumpulan kelompok data yang saling terhubung seperti rantai. Secara singkat, cara kerja dari blockchain adalah ketika suatu perangkat terhubung dengan perangkat lain, maka keduanya akan saling merekam dan memeriksa data yang ada. Blockchain juga memiliki beberapa karakteristik, yaitu open source, tidak terpusat, tidak bisa terhapus, dan memiliki tingkat inflasi yang jelas. Dengan adanya karakteristik-karakteristik tersebut menjadikan blockchain memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah sistem yang transparan dan proteksi yang tinggi. Dalam kehidupan sehari-hari blockchain ini banyak diterapkan dalam bidang finansial,seperti cryptocurrency.

  • Internet Of Things (IOT)

IoT merupakan sebuah konsep dimana suatu objek ditanamkan oleh sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk mentransfer atau bertukar data dengan perangkat lain selama terhubung ke internet. IoT membutuhkan tiga unsur dasar, yaitu AI (Artificial Intelligence), konektivitas, dan sensor. Konsep IoT ini telah digunakan dalam kehidupan kita sehari hari. Contohnya adalah otomatisasi rumah. Dimulai dari lampu, diffuser, pintu, stop kontak, dan lainnya. Konsep ini cocok diterapkan dalam objek-objek di masa yang akan datang untuk membantu pekerjaan manusia. 

Demikian beberapa tren teknologi yang sedang naik daun di Tahun 2022. Di tengah berkembangnya teknologi-teknologi tersebut, kita harus tetap bisa memilah sisi positif untuk menghindari sisi negatif yang ditimbulkannya.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Muhammad Azka Alif Hartono, Alyza Rahima Pramudya, Chelsea Marchelle, Florencia Irena, dan Yodi Reyhan Sandoval
  • Editor : Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus