Kemampuan dan Peran Penting IoT untuk Industri Indonesia

IoT adalah konsep teknologi yang memudahkan kita untuk terhubung ke berbagai perangkat dan komunikasi, mengontrol, dan bertukar data melalui internet, misalnya, mobil, rumah pintar, dll. Big data adalah salah satu bukti nyata dari IoT yang digunakan untuk mengurangi biaya perawatan dan memantau kesehatan aset serta kinerja perangkat itu sendiri. Oleh karena itu,  IoT merupakan teknologi yang benar-benar dapat membantu memberikan layanan terbaik kepada pengguna dan menghadirkan inovasi di arena industri.  

Industri Indonesia merupakan salah satu penggerak ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan sektor industri manufaktur yang menyumbang US$ 1,126 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) pada kuartal keempat tahun 2019 karena itu kehadiran IoT di sektor industri Indonesia mulai berkembang. Pemerintah saat ini sedang fokus menggalakkan perluasan penggunaan IoT untuk memperkuat struktur teknologi Indonesia dan tentunya setelah menyadari bahwa Indonesia memiliki lingkungan yang  berpotensi untuk mengembangkan IoT. Penggunaan IoT di  industri  Indonesia menciptakan kondisi industri yang lebih cerdas yang meminimalisir kesalahan  manusia dan secara otomatis menjalankan semua proses industri  sesuai keinginan. Industri yang menggunakan IoT adalah industri transportasi, energi, pertambangan, dan logistik. 

IoT mengubah industri transportasi dengan memperbarui cara sistem transportasi mengumpulkan dan menggunakan data. Di sini, IoT bertindak sebagai jaringan untuk kendaraan yang dilengkapi sensor untuk mengumpulkan dan mengirimkan data, seperti sistem pelacakan kendaraan yang digunakan oleh operator transportasi untuk menemukan rute terbaik dan memantau posisi dan keamanan kendaraan. Sistem pelacakan berbasis IoT juga dapat merekam data tentang perilaku mengemudi, waktu henti kendaraan, tingkat bahan bakar, dan suhu. Dengan penerapan IoT, perusahaan transportasi juga dapat menjalankan bisnis mereka secara efisien di seluruh ekosistem transportasi. Telkomsel Fleet Sight memberikan solusi manajemen dan layanan profesional untuk meningkatkan produktivitas, keamanan, dan efisiensi transport Anda. Fleet Sight memungkinkan bisnis berbasis transportasi untuk memantau dan mengakses kendaraan mereka kapan dan dimana  saja. 

IoT juga berperan penting dalam industri energi karena membantu untuk mengoperasikan perusahaan energi dengan penggunaan dan pengelolaan yang lebih efisien. Data yang dikumpulkan melalui teknologi IoT  membantu industri meningkatkan kualitas pelayanan, produktivitas, dan efisiensi secara keseluruhan. Dari transmisi hingga pengiriman, IoT mengubah industri energi menjadi lebih baik, misalnya, pengukur pintar yang membaca data tentang konsumsi energi dapat membantu perusahaan energi menghasilkan faktur yang lebih akurat.

Industri pertambangan juga dibantu oleh inovasi IoT. Industri pertambangan adalah industri yang kompleks karena pengelolaan berbagai alat berat, lokasi, dan tenaga kerja di sana. Akibatnya, industri menghadapi berbagai tantangan bisnis, termasuk perubahan statistik harga,  permintaan yang tidak pasti, produktivitas yang rendah, dan lingkungan kerja yang berisiko. Karena kompleksitas industri pertambangan, banyak perusahaan  memulai transformasi digital. Kehadiran teknologi IoT sebagai solusi otomatisasi dan pemantauan memungkinkan industri pertambangan untuk mencegah kerusakan peralatan, meningkatkan produktivitas,  serta menjaga  aset dan pekerja tetap aman dengan biaya terjangkau. 

Selain itu, IoT juga membantu industri logistik dari perspektif rantai pasokan, ruang gudang hingga unit kendaraan pengiriman, dan manajemen perusahaan logistik memerlukan beberapa aktivitas untuk dipantau secara bersamaan. Banyaknya aktivitas ini dapat menjadi  penghambat satu atau lebih proses logistik yang dapat menunda atau merusak produk. Perusahaan logistik perlu memanfaatkan teknologi IoT untuk merampingkan seluruh proses dan  memenuhi kebutuhan konsumen, misalnya, perusahaan logistik dapat menggunakan Telkomsel Asset Performance Management untuk menyederhanakan seluruh proses manajemen. 

Maka dari itu, peran IoT dalam mengubah tatanan industri di Indonesia disambut baik oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan IoT memberikan pengaruh yang baik pada sektor industri. Terbukti dari adanya penggunaan IoT pada industri industri transportasi, energi, pertambangan, dan logistik dapat meningkatkan efektivitas tenaga kerja hingga perusahaan. 

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Velica Theophila, Lazuardhi Imani
  • Editor : Fisalma Maradita