Teknologi terhadap Negara Indonesia

Teknologi pada masa sekarang sudah berada di sekeliling manusia. Setiap tempat baik itu dirumah maupun di luar. Teknologi sudah menjadi “partner” manusia yang selalu ada dimanapun dan kapanpun. Manusia merasa sangat terbantu dengan adanya teknologi. Dengan berkembangnya teknologi di Indonesia yang semakin pesat, apabila kesempatan tersebut dapat kita gunakan dengan semaksimal mungkin, tidak menutup kemungkinan bahwa dengan teknologi kita bisa meningkatkan pembangunan negara. 

Sebagai contoh, sekarang ini sedang ramai dan bahkan di sebagian kota besar sudah mulai menerapkan aturan tilang online dengan menggunakan sistem rekognisi yang tersematkan pada kamera yang ada pada ruas-ruas jalan di kota besar. Dengan bermodalkan kamera, sistem, dan plat nomor mampu untuk melakukan tindakan kepada pelanggar-pelanggar lalu lintas dengan memberikan surat denda tepat ke depan rumah. hal ini tentu sebuah tindakan yang lebih efektif daripada tilang manual karena dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan ataupun bisa dibilang tidak memungkinkan untuk diadakannya negosiasi. Sehingga, kita tidak perlu lagi menemui adanya oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. 

Di lain sisi, sekarang juga sedang ramai-ramainya pembahasan mengenai kendaraan listrik. Terlebih lagi, sekarang lagi trending BTC elon musk, tentu saja ini dapat membangiktkan minat pembeli kendaraan listrik. Bagaimana tidak, kendaraan listrik tersebut memberikan fitur-fitur yang sangat mempermudah dalam keseharian manusia terutama mengurangi energi lebih yang dikeluarkan manusia saat sedang terjadi kemacetan terutama di Jakarta. Tak hanya itu, terdapat juga fitur-fitur keselamatan yang ditawarkan oleh kendaraan yang terintegrasi dengan sistem pinter yang mampu mengurangi kemungkinan pengendara mengalami kecelakaan. Hal itu karena adanya sistem yang mampu bereaksi dengan cepat untuk mencegah hal itu terjadi. namun sayangnya, di Indonesia masih kurang infrastruktur yang memadai untuk dapat mendukung lajunya produksi kendaraan listrik yang terintegrasi. Setiap komponen teknologi yang digunakan untuk kendaraan tersebut dapat melakukan autopilot diperlukan rekognisi yang cukup jelas terhadap marka dan rambu lalu lintas yang di Indonesia. 

Dalam aspek pendidikan, teknologi berperan banyak pada aspek tersebut. Sebagaimana yang kita tahu, sistem ujian yang telah dilakukan secara komputerisasi mengurangi kemungkinan adanya kecurangan dalam ujian. Tak hanya itu, dengan adanya teknologi terutama pada masa pandemi, teknologi sangat membantu dalam proses belajar-mengajar. Sebelumnya dengan tidak adanya aplikasi konferensi online, kegiatan belajar mengajar hanya dapat dilakukan secara tatap muka langsung. Tentu hal itu tidak dapat dilakukan apabila sedang adanya lockdown. Dengan begitu kegiatan belajar-mengajar masih tetap dapat dilakukan, bahkan dapat memberi dampak yang lebih baik daripada kegiatan belajar secara tatap muka. Salah satunya adalah penurunan dana yang diperlukan dalam belajar mengajar tentu hal ini sangat membantu negara terutama untuk sekolah negeri yang dibiayai oleh negara. Hal itu akan sangat menekan biaya operasional sekolah. 

Terdapat juga pada bidang kesehatan. Yang tentu teknologi sangat memberikan dampak positif kepada manusia atau negara. Salah satunya adalah alat untuk mengecek gula darah dan sebagainya. Sekarang masyarakat sudah tidak perlu untuk berpergian ke rumah sakit hanya untuk mengecek kondisi gula mereka. Mereka hanya perlu membeli alat yang cukup murah untuk mengetes kondisi mereka. 

Dari beberapa penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Teknologi sangat berperan baik dalam membantu kehidupan manusia dan negara. Baik dari aspek manapun. Namun, semua itu dikembalikan kembali ke kita sebagai penggunanya, apakah kita dapat mempergunakannya dengan baik dan tentunya untuk hal yang positif? Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk dapat terus belajar mengenai teknologi karena sifatnya berkembang dan harus dapat mempertanggungjawabkan setiap kegiatan kita. Sehingga, nantinya teknologi ini dapat terus berkembang di negara Indonesia dengan diikuti oleh alur trend yang positif dan meminimalisir terjadinya tindakan yang ilegal.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Narendra Nusantara Handradika, Halid Ali
  • Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra