Inilah Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Industri 4.0!

 

Sumber gambar: https://www.google.com/search?q=industri+4.0&safe=strict&sxsrf=ACYBGNSm0nv5PtENpG_Js7vgcm8Lgu9GUw:1572414650602&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj_9cCFpcPlAhXUfysKHfvnAzEQ_AUIEigB&biw=688&bih=739&dpr=1.25#imgrc=9iU82Q_Q9u0ywM:

Industri 4.0 merupakan suatu pengaplikasian kecerdasan buatan atau yang sering kita tangkap dengan sebutan artificial intelligence (AI) yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan global dan kualitas hidup bagi masyarakat dunia.

 

Adapun faktor-faktor Industri 4.0 seperti berikut :

  1. Meningkatan volume data, kekuatan komputasi, dan koneksi.
  2. Munculnya analisis, kemampuan, dan kecerdasan bisnis.
  3. Terjadinya bentuk interaksi baru antara manusia dengan mesin.
  4. Perbaikan instruksi transfer digital ke dalam dunia fisik, seperti robotika dan 3D printing.

 

Di era industri 4.0 ini kita sebagai generasi penerus bangsa dituntut untuk memiliki hardskill dan softskill untuk bersaing di masa depan karena di masa depan penggunaan SDM sudah akan mengalami pengurangan dikarenakan tugas mereka sebagian besar sudah digantikan oleh mesin-mesin yang lebih efisien, tetapi bukan berarti semua pekerjaan yang awalnya dikerjakan oleh manusia dapat diganti oleh mesin. Maka dari itu kita harus dapat bersaing antar 1 dengan yang lain salah satu caranya adalah dengan terus belajar dan meningkatkan pengetahuannya mengenai teknologi. Karena SDM yang mampu mengaplikasikan dan mengontrol teknologi di masa kinilah yang dapat bersaing.

 

Adapun juga beberapa peluang-peluang bisnis yang memungkinkan generasi penerus bangsa kita untuk dicoba seperti :

1. Fintech (Finance Technology)

Generasi milenial menjadi salah satu target utama dari perusahaan fintech. Hal tersebut dikarenakan banyak perusahaan fintech yang memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan. Tidak hanya itu, fintech juga memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran transaksi jual-beli.

2. Cloud hosting

Cloud adalah salah satu teknik penyimpanan database yang ringan dan sangat mudah diakses. Pada dasarnya, masyarakat pasti sudah pernah menggunakan cloud tetapi tidak tahu kalau itu adalah cloud. Itulah yang membuat cloud hosting sangat laku di era industri 4.0 saat ini karena sangat berdekatan dengan dunia industri dan proses bisnis.