Ada yang Baru, Pesan Hilang Otomatis oleh Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi media sosial berbasis chatting yang merupakan anak aplikasi dari Meta (atau yang dulu dikenal sebagai Facebook). Demi memenuhi kebutuhan user, Whatsapp selalu berusaha untuk mengembangkan aplikasinya dan menyediakan fitur-fitur menarik agar dapat bersaing dengan aplikasi media sosial lainnya.

Berdasarkan riset oleh OBERLO pada tahun 2021, Whatsapp merupakan aplikasi media sosial berbasis chatting paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sejak tanggal 6 Desember 2021, Whatsapp resmi meluncurkan fitur pesan hilang otomatis di mana durasi hilangnya pesan dapat diatur menjadi 1 hari, 1 minggu, hingga 3 bulan. Alasan diluncurkannya fitur ini dikutip langsung dari perkataan CEO Meta, Mark Zuckerberg saat fitur ini diluncurkan, yaitu “tidak semua perpesan harus bertahan lama.”

Fitur ini sendiri baru dapat diakses oleh pengguna devices berbasis Android dengan versi Whatsapp Beta 2.21.17.16 sejak bulan November 2021 dan masih dalam tahap pengembangan. Pada awal perilisan, fitur ini hanya menyediakan durasi  penghapusan selama 7 hari. Hingga saat ini, belum terdapat kabar untuk pengguna devices berbasis iOS untuk turut menikmati fitur ini.

Ada pula beberapa catatan dalam penggunaan aplikasi ini. Apabila fitur auto-download diaktifkan untuk foto dan video, maka files yang telah terunduh tidak akan terhapus dari devices, melainkan hanya yang ada di chat.

 

Fitur WA

Selain itu terdapat beberapa informasi penting mengenai fitur ini, yaitu :

  • Jika melakukan quote/reply terhadap pesan yang dikirim dengan fitur hilang otomatis, maka quoted text akan tetap ada setelah durasi hilangnya pesan orisinil.
  • Forwarding pesan yang akan hilang otomatis tidak akan menghilangkan pesan pada forwarded contact yang dituju.
  • Tindakan backup sebelum pesan tersebut hilang tidak akan mengubah status dari pesan. Sehingga pesan akan tetap hilang pada waktu yang telah ditentukan.

Fitur pesan hilang otomatis ini dapat digunakan dalam konversasi pribadi maupun dalam grup. Berdasarkan informasi dari The Verge, fitur ini dikabarkan akan terus dikembangkan dan dioptimalisasi di kedepannya.

 

Daftar Pustaka


  • Penulis: Rionaldo Alviansa Handoyo
  • Editor: Vangelia Peace Palijama