Elephant-DB(11DB) : Software Management Database untuk Pasar Dunia

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Bermacam-macam informasi tentang hal yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi).

Kemajuan teknologi juga mendorong kita untuk terus berkembang di dunia digital ini. Pusat pengembangan data saat ini menjadi salah satu yang ikut terdorong dengan arus perkembangan ini. Untuk memenuhi kebutuhan dunia ini, diperlukan adanya suatu software management database yang bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

Salah satu perusahaan yang ikut mengembangkan software management database ini adalah PT Equnix Business Solution. PT Equnix Business Solution memperkenalkan Relations Database Management System (RDBMS) atau yang dikenal dengan nama 11DB yang dirilis pada bulan Maret 2020. 11DB ini dipercaya dapat digunakan dengan lancar baik di dalam maupun di luar negeri karena menggunakan sistem ANSI-SQL dan PostgreSQL open source. 11DB dirancang berstandar internasional sehingga memiliki kualitas tinggi dalam jaminan kelengkapan fitur dan keamanan.

CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, menyatakan bahwa 11DB adalah solusi terbaik untuk semua sektor, baik untuk industri bisnis, pemerintahan, dan juga pendidikan karena 11DB menjamin semua kebutuhan di industri bisnis, terutama untuk kebutuhan finansial. Perusahaan yang menggunakan 11DB juga akan mendapat kenyamanan tambahan yakni lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah dalam melakukan troubleshooting system, karena akan ditangani langsung oleh perusahaanya.

Kebutuhan akan manajemen data di Indonesia saat ini sangat tinggi sehingga banyak perusahaan asing yang berlomba masuk ke area ini. Survei yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 2018 lalu, mencatat adanya lebih 2.700 pusat data yang tersebar di 630 instansi baik pusat maupun daerah.

Dengan adanya kemajuan teknologi seiring waktu dapat memberikan banyak manfaat bagi bangsa kita terutama bagi perusahaan karena mampu meringankan aktivitas bisnis yang kompleks serta menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan manajemen. Selain itu, efisiensi operasi perusahaan dan kinerja perusahaan juga dapat ditingkatkan.