Game Saat Ini

 

Picture Source: https://dimwhp0w2rs83.cloudfront.net/2018/01/1515646418-Developer-Game-Terbaik-cv.jpg

Perkembangan Game saat ini tentunya tidak kalah dengan perkembangan manusia, seiring perkembangan cara manusia memenuhi kepuasan dalam bermain game pun ikut berkembang. Game yang awalnya diciptakan untuk menghibur dan memperoleh kesenangan berubah menjadi game yang membutuhkan konsentrasi dan waktu, menegangkan juga membingungkan.
Video Games yang dimainkan pada sebuah perangkat gadget baik PC, Laptop atau Playstation dll ternyata memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kemampuan berfikir otak, hal ini berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal utama American Psychological Association, American Psychologist.
Penulis utama Isabela Granic, Profesor Developmental psikopatologi di Radboud University Nijmegen di Belanda, mengatakan penelitian penting telah dilakukan selama beberapa dekade tentang efek negatif dari game, termasuk kecanduan, depresi dan agresi, dan kami tentu tidak menyarankan bahwa ini harus diabaikan. Namun, untuk memahami dampak video game pada anak-anak dan remaja, pembangunan perspektif yang lebih seimbang yang dibutuhkan.
Kenyataannya bermain tersebut benar-benar dapat memperkuat berbagai keterampilan kognitif seperti navigasi spasial, penalaran, memori dan persepsi, menurut beberapa penelitian terakhir. Berikut dampak positif bermain game, antara lain:
1. Menambah Fokus dan Keterampilan
Saat bermain game kamu tentunya bakal fokus untuk mendapatkan skor terbaikdan meraih kemenangan. Nah, untuk fokus pun kamu tentunya butuh keterampilan dalam bermain game, di mana dapat melatih koordinasi antara indera pengelihatandan tangan dalam memainkan joystick maupun keyboard dan mouse.
2. Melupakan Masalah Sejenak
Bermain game bisa menjadi salah satu solusi untuk melupakan masalahmu sejenak. Duduklah sejenak dan bermain game dengan santai dapat membuat mood kamu kembali senang.
3. Melatih Kerja Sama Tim
Bermain game saat ini epnggak hanya bisa kamu lakukan sendiri. Bermain bersama teman-teman kamu dan membentuk satu tim tentu bakal lebih seru dibanding sendiri. Cobalah bermain game seperti Fps atau rpg untuk melatih kerja sama tim. Dijamin setelahnya kamu dan teman-teman bakal lebih kompak deh.
4. Mengurangi Depresi
Setelah kamu berhasil melupakan masalah yang sedang kamu hadapi, bermain game juga dapat mengurangi tingkat depresi pada pikiran kamu. Bermain game yang menyenangkan dapat mengaktifkan saraf parasimpatis yang mengurangi tekanan yang menimbulkan stres pada diri kamu.
5. Melatih Kesabaran
Jika kamu mau ke jenjang bermain game yang lebih serius, kamu tampaknya harus mencoba beberapa game yang mampu melatih kesabaran. Bermain game strategi bisa jadi salah satu solusi ampuh.
6. Melatih Aktivitas Fisik
Beberapa game terkadang menuntut kamu untuk beraktivitas di luar ruangan. Selain itu cobalah bermain game menggunakan konsol interaktif seperti Nintendo Wii atau Xbox Kinect yang mengharuskan kamu terus bergerak untuk melanjutkan bermain game.
7. Meningkatkan Hubungan dengan Orang Lain
Bermain game bersama saudara atau keluarga dijamin bakal meningkatkan hubungan kamu dengan mereka. Cobalah bermain game-game yang ringan bisa dimainakan berdua atau beramai-ramai. Misalnya, game olahraga seperti Pro Evolution Soccer dan FIFA ataupun boardgame seperti Ludo.
8. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris
Umumnya game yang kamu mainkan pasti menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Makanya di saat bermain game kamu bisa sekaligus melatih kemampuan bahasa Inggris. Untuk mengakalinya coba bermain game petualangan yang penuh dengan story.