HIMTI Bootcamp 2023: Embarking on a Journey to Become a Web Designer

Seiring berkembangnya era digital, desain web telah menjadi salah satu bidang teknologi yang diminati banyak orang. Desain we, atau web design, melibatkan pengelolaan tata letak, warna, jenis huruf, dan berbagai elemen desain lainnya pada sebuah situs web. Selain menonjolkan fungsionalitas dan estetika, desain web juga perlu mengutamakan user interface dari situs web itu sendiri, sehingga memerlukan keahlian dan kreativitas dalam pembuatannya.

Pada tahun ini, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) BINUS @Malang mengadakan sebuah kegiatan bootcamp bertemakan “Embarking on a Journey to Become a Web Designer”. Kegiatan ini menghadirkan dua mentor yang berpengalaman di bidang UI/UX dan Front-End, yaitu Mochammad Latifulfikri (Kak Fikri) dan Abel Kristanto (Kak Abel). Kegiatan bootcamp ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi para peminat desain web yang dikemas dalam bentuk pelatihan terstruktur. Pelaksanaannya terbagi ke dalam 10 sesi yang dilakukan secara virtual melalui ZOOM, mulai dari tanggal 2 Oktober 2023 hingga 21 Oktober 2023 dengan total 24 peserta yang terdiri atas Binusian dan Non Binusian.

Sesi pertama pada tanggal 2 Oktober 2023 dibuka dengan pengenalan kegiatan HIMTI Bootcamp 2023 dan hal-hal yang perlu dipersiapkan selama mengikuti bootcamp ini. Kemudian, peserta menerima materi dan pelatihan dari mentor pertama, yaitu Kak Fikri, tentang penggunaan Figma dalam membuat desain situs web. Pembuatan desain ini dilanjutkan di sesi kedua yang dibimbing juga oleh Kak Fikri pada tanggal 3 Oktober 2023.

Sesi dokumentasi bersama Kak Fikri

Setelah menyelesaikan desain web bersama Kak Fikri di sesi pertama dan kedua, peserta melanjutkan ke sesi ketiga pada 6 Oktober 2023, bersama Kak Abel. Di sesi ini, peserta menggunakan HTML dan CSS untuk menyelesaikan desain statis dari proyek yang ada. Desain statis ini berupa HTML yang sudah di-styling dengan CSS. Pada sesi berikutnya atau sesi keempat, peserta melanjutkan desain yang sudah dibuat di sesi sebelumnya serta mengunduh framework Bootstrap untuk dihubungkan ke proyek. Sesi keempat ini dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023. Selanjutnya, peserta melanjutkan project yang ada menggunakan HTML, CSS, dan framework Bootstrap di sesi kelima, keenam, dan ketujuh yang diadakan pada tanggal 10, 13, dan 14 Oktober 2023.

Di sesi kedelapan, peserta mulai belajar tentang JavaScript dasar serta penggunaan DOM Manipulation. Di sesi yang bertepatan pada tanggal 17 Oktober 2023 ini, peserta membuat website yang sudah dirancang agar menjadi responsif dan interaktif, yang dilanjutkan di sesi kesembilan pada tanggal 20 Oktober 2023.

Tanggal 21 Oktober 2023 adalah sesi pertemuan kesepuluh sekaligus sesi terakhir pelatihan. Bersama Kak Abel, para peserta bootcamp melanjutkan serta melakukan finalisasi proyek mereka. Mereka juga diinformasikan terkait pengerjaan proyek akhir bootcamp, yaitu pembuatan personal website yang harus diselesaikan dalam waktu lima hari setelah sesi terakhir. Proyek ini diberikan sebagai kesempatan para peserta untuk mengaplikasikan semua yang telah mereka dapatkan dalam sepuluh sesi pertemuan bersama mentor.

Setelah seluruh proyek dikumpulkan oleh peserta, hasil pengerjaan mereka pun dinilai oleh para juri untuk menentukan tiga peserta dengan proyek akhir terbaik yang berhak menerima hadiah berupa saldo e-wallet. Hadiah ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas usaha mereka dalam mengerjakan proyek akhir. Selain itu, peserta lainnya juga mendapatkan sertifikat atas kerja keras mereka selama mengikuti kesepuluh sesi bootcamp. Harapannya, bootcamp ini bisa memberikan semangat dan pondasi dasar kepada seluruh peserta untuk menjadi seorang web designer yang andal di masa depan.

Sesi dokumentasi bersama Kak Abel