Aplikasi buatan anak bangsa ini ternyata sangat berguna loh untuk mengatur keuangan kalian!

Berbicara tentang hal keuangan pasti tidak akan pernah ada habisnya, mengingat keuangan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan kita. Dalam praktiknya, mengelola keuangan akan sangat membantu kehidupan kita. Mengelola keuangan dengan baik dapat membantu kita dalam mengontrol keluar-masuknya uang sehingga kita dapat mengalokasikan uang tersebut dengan tepat. Selain itu, kita juga dapat menjaga kestabilan keuangan yang kita miliki guna mencapai kesejahteraan dalam kehidupan kita.

Di zaman sekarang ini, masalah paling umum dalam mengatur keuangan ialah sulitnya melakukan pencatatan terkait segala hal yang berhubungan dengan keuangan orang tersebut. Sebagai contoh, seorang pelaku bisnis harus bisa membedakan pengeluaran pribadi dengan pengeluaran bisnisnya. Jika tidak ada pencatatan  atau pengelolaan yang hanya terfokus pengelolaan, itu akan berdampak pada kedepannya.

Nah, berkaitan dengan perencanaan keuangan, anak bangsa Indonesia ada loh yang peduli dengan masalah perencanaan keuangan ini! Mereka telah menciptakan aplikasi pengelola keuangan yang akan mempermudah kita dalam mengelola dan merencanakan keuangan yang kita miliki. Berikut beberapa aplikasi perencanaan keuangan karya anak bangsa:

1. Finansialku

Finansialku merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perencanaan keuangan yang didirikan oleh Melvin Mumpuni, Alvin Augusto Saputra, serta Harris Darmawan. Finansialku ini juga telah tercatat dan terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai perusahaan perencanaan keuangan dalam kategori teknologi finansial.

Pada awalnya, Finansialku ini berbasis website yang mana website tersebut menyediakan informasi-informasi berkaitan dengan perencanaan keuangan yang dapat diakses secara gratis.  Kemudian, Finansialku akhirnya meluncurkan aplikasinya pada tahun 2017 di Google Play Store bagi para pengguna Android dan pada tahun 2020 di Apple App Store bagi para pengguna iOS.

Fitur-fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini antara lain pembuatan anggaran, pencatatan keuangan, perencanaan keuangan, pemantauan kinerja investasi, pemantauan kesehatan keuangan, dan live chat dengan tim perencana keuangan. Kita juga tidak perlu merasa khawatir akan keamanan data kita karena aplikasi ini telah menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi data-data keuangan para penggunanya. Menarik, ya?

2. TemanBisnis

Sekilas jika kita melihat nama aplikasi ini, maka kita pasti akan berpikir bahwa aplikasi ini berfungsi untuk mengatur keuangan bisnis. Memang benar kalau aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk pencatatan laporan keuangan, namun aplikasi ini juga dapat dipakai untuk pencatatan keuangan sehari-hari, loh. 

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur-fitur seperti pencatatan transaksi, laporan keuangan, utang dan piutang, dan  pencatatan persediaan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store bagi para pengguna Android, dan telah diunduh oleh lebih dari 103.000 pengguna dan memiliki 12.000 pengguna aktif.

Itulah beberapa aplikasi karya anak bangsa yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan kita. Semoga aplikasi karya anak bangsa yang disebutkan di atas dapat mempermudah pengelolaan keuangan kamu.

Referensi: