HIMTI PKM WORKSHOP 2021: EMPOWERING EDUCATION WITH TECHNOLOGY

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakanbarang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadialat-alat sederhana.

Sampai sekarang pun, teknologi adalah salah satu faktor terbesar dalam perkembangan revolusi industri yang terkini, yaitu revolusi industri 4.0. Tentu dengan adanya revolusi industri 4.0, kita dimudahkan dalam melakukan aktivitas kita sehari-hari. Dampak positif yang ditimbulkan dari revolusi industri ini beragam. Pertama, kemudahan dalam mengakses informasi. Informasi menjadi lebih mudah diakses melalui smartphone ataupun teknologi lainnya. Selain itu, masyarakat juga lebihmudah dalam menjalin komunikasi. Kedua, Dapat meningkatkan pendapatan. Hal tersebut dapat terjadi karena dari revolusiindustri 4.0 ini diharapkan kita dapat memproduksi sesuatu dalam jangka waktu singkat dengan kualitas yang baik.

Dari sekian penjelasan mengenai pengertian revolusi industri 4.0 yang menekankan pada penggunaan teknologi, faktanya masih banyak warga negara kita yang masih bisa dibilang “gaptek” soal teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Dengan melihat adanya celah kekurangan tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) BINUS University berinisiatif memberikan edukasi mengenai penggunaan teknologi untuk beradaptasi dalam era revolusi industri 4.0 kepada anak-anak di SMP Efata Serpong. Program ini dinamakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2021. Melalui kegiatan PKM 2021 ini, diharapkan pengetahuan terhadap teknologi semakin dikenal baik sejak dini, sehingga mereka dapat beradaptasi dalam era revolusi industri 4.0 ini. Program ini berjalan selama lima hari dari hari Selasa, 15 Juni 2021 sampai dengan hari Sabtu, 19 Juni 2021.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diawali dengan sambutan oleh Silvia Pasifica Tri Inawati dan Gisela Ellen Desmonda selaku MC acara serta sambutan dari Hans Christian Conrad selaku ketua acara PKM 2021 ini. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi selama lima hari oleh Ronald Sumichael Sunan, Maevy Marvella, dan Flavianus Delvin secara bergantian selaku divisi pengajar program PKM 2021. Tidak lupa juga, setiap akhir sesi belajar – mengajar kami melakukan sesi game quiz untuk me-review kembali materi yang telah diajarkan. Di setiap akhir sesi acara, panitia melakukan sesi foto bersama.

PKM 2021 ditutup dengan kata penutup oleh Gisela Ellen Desmonda dan Devi Ayuningsih selaku MC pada hari ke-5. Setelah itu dilanjutkan oleh penutupan dari Hans Christian Conrad selaku ketua acara PKM 2021.

Sekian acara yang telah kami laksanakan dengan baik selamalima hari ini. Kami berharap dengan adanya PKM 2021 dapatmemberikan banyak manfaat, khususnya pada bidang teknologikepada para peserta PKM 2021 ini.

#HIMTI2021
#ONEFAMILYONEGOAL